Bupati Suwirta usai kunjungan ke empat kantor kementrian. (BP/ist)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Klungkung I Nyoman Suwirta mengadakan audiensi di 4 Kementerian pada Kamis (18/2) dan Jumat (19/2). Turut mendampingi Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Klungkung A.A Gede Lesmana dan Kepala Dinas Pariwisata Klungkung A.A Gede Putra Wedana.

Kementerian yang dikunjungi antara lain, Kantor Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Kelautan dan Perikanan dan PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI) serta Balai Pengembangan Infrastruktur Wilayah, Kementerian PUPR RI. Adapun tujuan audiensi ini untuk memaparkan kondisi dan capaian pembangunan, masalah dan kendala yang perlu mendapatkan penyelesaian.

Bupati Suwirta, juga mengungkap potensi yang dapat dikembangkan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Klungkung dari berbagai sektor.

Baca juga:  Waspada, Sembilan Wilayah Salah Satunya Selatan Bali Berpotensi Gempa di 2021

Kunjungan diawali di Kantor Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Rombongan Bupati Suwirta diterima Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi bersama Direktur Prasarana dan Sarana.

Pada kesempatan ini, Bupati Suwirta menyampaikan manfaat dari Inovasi Bedah Desa yang mampu mengungkap segala permasalahan yg ada di setiap desa. Ini dikemas menjadi usulan program dan kegiatan sebagai tindak lanjut dari penetapan Klungkung sebagai Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional.

Audiensi kedua bertempat di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Rombongan Bupati Suwirta diterima langsung Menteri Sandiaga Salahuddin Uno. Pertemuan ini lebih dimaknai sebagai upaya melakukan kolaborasi.

Bupati Suwirta pada kesempatan tersebut menyampaikan potensi pengembangan pariwisata di Nusa Penida yang telah menyandang sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional. Turut hadir dalam paparan tersebut, Bupati Konawe Utara, Bupati Ambon, Bupati Sidenreng Rappang (Sidrap) dan Bupati Wonosobo.

Baca juga:  Realisasi PKB Bali Capai Rp 1,5 Triliun, Ini UPT Penyumbang Terbesar

Kunjungan kemudian dilanjutkan ke Kantor Kementerian Perikanan dan Kelautan. Rombongan Bupati Suwirta diterima Menteri Sakti Wahyu Trenggono didampingi dirjen terkait.

Pada kesempatan ini, Menteri Trenggono langsung menugaskan direktur terkait untuk menindaklanjuti usulan pengembangan sektor perikanan dan kelautan di Klungkung. Di antaranya budidaya rumput laut, tambak dan konservasi perairan.

Kunjungan dilanjutkan menuju Kantor PT SMI. Dalam kunjungan ini pada intinya ingin menjajaki peluang pendanaan pembangunan infrastruktur di Klungkung melalui program PEN.

Pada hari kedua, Jumat (19/2), rombongan Bupati Suwirta kembali melakukan kunjungan ke Balai Pengembangan Infrastruktur Wilayah, Kementerian PUPR RI. Rombongan Bupati Suwirta diterima Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur PUPR Wilayah 2B, Allien Dyah Lestari.

Baca juga:  Dalam 2 Tahun Ada 3 BPR di Bali Dilikuidasi, Pengawasan Jadi Sorotan

Bupati Suwirta menyampaikan, Nusa Penida menyandang 8 status nasional, namun belum mendapat perhatian. Diharapkan masalah air, jalan destinasi, tanggul, termasuk jalan lingkar dapat segera ditangani.

Allien Dyah Lestari menyampaikan akan segera mengkoordinasikan terkait usulan Pemda Klungkung, termasuk apa yang dapat direalisasikan di tahun 2022. Di akhir kunjungannya di 4 Kementerian tersebut, Bupati Suwirta menyampaikan akan terus berusaha berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat, dalam rangka mengenalkan potensi yang dimiliki Klungkung. Lebih lanjut, Bupati Suwirta juga mengharapkan apa yang dilakukannya dapat memberikan manfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Klungkung di berbagai sektor. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *