Seorang warga berada di parkiran RSD Mangusada, Badung. (BP/eka)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pasien positif COVID-19 yang dirawat di Rumah Sakit Daerah (RSD) Mangusada cukup tinggi. Bahkan, hingga Rabu (10/2), jumlah pasien yang menghuni rumah sakit pelat merah ini hampir 100 orang, tepatnya mencapai 98 pasien.

Dirut RSD Mangusada dr. Ketut Japa saat ditemui Rabu, tak menampik tingginya jumlah pasien COVID-19. “Pasien COVID-19 hari ini tidak menunjukkan penurunan, malah kecenderungan meningkat sehingga penggunaan APD juga meningkat itu,” ujarnya.

Baca juga:  Warga Positif COVID-19 di Badung Bertambah, Salah Satunya Diduga Transmisi Lokal

Menurutnya, puluhan pasien yang dirawat tersebar di beberapa tempat. Rinciannya Gedung B pada lantai tiga terdapat 20 pasien COVID-19, lantai empat sebanyak 15 pasien, di ruang IGD terdapat 9 pasien, dan 44 pasien dirawat di Ruang Isolasi COVID-19. “Di Gedung B atau Oleg ada kamar operasi, kamar instensif dan rawat inap, dan di Ruang Janger juga,” katanya.

Dikatakan, puluhan pasien yang terjangkit merupakan lonjakan kluster baru. Seperti upacara keagamaan, baik Manusia Yadnya, Pitra Yadnya, Dewa Yadnya. “Kalau penyebabnya tidak kita kendalikan segera, kami khawatir berapa pun ruangan yang disediakan akan penuh. Karena itu kami berharap masyarakat mematuhi segala aturan Protokol kesehatan yang telah ditetapkan,” tegasnya.

Baca juga:  Tambahan Korban Jiwa COVID-19 Dilaporkan Denpasar, Seluruhnya Punya Dua Komorbid Ini

Guna mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19, pihak RSD Mangusada harus menambahkan, ruangan untuk isolasi. Bahkan dirinya sendiri kini mulai memanfaatkan ruangan Janger untuk digunakan sebagai tempat isolasi penanganan pasien COVID-19. (Parwata/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *