(BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Wayan ‘Apel’ Hendrawan (46) menggelar pameran tunggal kelimanya yang bertajuk ‘Into the Secret of Cosmic Energy’. Pameran tersebut digelar di Galeri Zen1, Tuban, Kuta, Bali, dari 27 Januari hingga 9 Februari 2021.

Ada 12 karya dengan ciri khas spiritualisme Bali yang mulai dikerjakannya sejak awal 2020 akan disuguhkan seniman full tattoo itu secara luring. Menurut seniman yang juga bertugas sebagai pendeta (Pemangku) di Bali ini, tema tersebut dipilih untuk menggambarkan isi dari kekuatan, karakteristik diri manusia dan alam semesta (Bhuana Alit dan Bhuana Agung) yang banyak menyimpan rahasia indah, jauh di atas itu juga tentang kemahakuasaan Tuhan.

Baca juga:  Jelang Galungan, Harga Cabai di Bangli Dipasarkan Rp 80 Ribu Per Kilo

Lukisan Jro Apel cenderung bergaya ekspresionis dengan ciri khas penggunaan aksara Bali sebagai aksennya. Ia mengaku tugasnya sebagai Pemangku yang digelutinya sejak 2008 itu cukup mempengaruhi periode gaya melukisnya yang kini bergeser ke arah spiritualis.

Hal tersebut kemudian yang mengilhami Jro Apel, sapaan akrabnya, untuk memilih tema berbau kosmis ini. “Sebelum saya mengambil tema figur wanita dengan mata terpejam, dan seiring berjalannya waktu bergeser ke bentuk kosmik seperti figur dewata, alam, dan binatang. Tapi, dengan tidak meninggalkan ciri khas seperti guratan-guratan atau aksen aksara Bali (rerajahan),” ungkap lelaki yang gemar melukis sejak kelas 4 SD itu. (Winatha/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.