Tangkapan layar video yang menunjukkan warga memunguti ikan lemuru yang ada di pasir Pantai Kuta. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pada Senin (18/1) sore, ratusan bahkan ribuan ikan lemuru, menepi di pasir Pantai Kuta. Lemuru yang menggelepar-gelepar ini menjadi rebutan warga yang ada di sekitar lokasi.

Bahkan, video soal adanya lemuru di Pantai Kuta ini beredar di media sosial. Di video itu, warga nampak berebut mengambil ikan lemuru yang bertebaran di pasir.

Terkait kondisi ini, Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar, Iman Fatchurochman, mengatakan, fenomena ini diperkirakan muncul karena faktor cuaca. Namun demikian, dari kondisi di lapangan, saat ini gelombang air laut di Kuta, memang tidak terlalu tinggi.

Baca juga:  Baru Diresmikan, Videotron Taman Nandiswara Rusak

Pihaknya memperkirakan, ada kemungkinan, ikan-ikan ini dikejar oleh ikan predator. “Dari faktor cuaca, juga berpengaruh. Namun kami belum melihat sepeti apa historinya,” ucapnya saat dikonfirmasi.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, kalau ikan sampai menepi ke pantai, biasanya dikejar oleh ikan predatornya. Karena ikan lemuru itu biasanya bergerombol di laut, sehingga predatornya diperkirakan banyak mengejar. “Saat dikejar ikan predator, kemungkinan larinya ke pantai,” terangnya.

Baca juga:  Cuaca Sepekan ke Depan, Ini yang Harus Diwaspadai

Sementara, terkait suhu muka air laut kata dia, juga berpengaruh terhadap berkumpulnya ikan-ikan ini. “Ada kecenderungan faktor cuaca. Selain itu suhu muka air laut juga berpengaruh,” ujarnya. (Yudi Karnaedi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.