Dr. Ida Komang Upeksa. (BP/Wir)

GIANYAR, BALIPOST.com – Sebanyak 3.210 vaksin akan segera didistribusikan di Kabupaten Gianyar. Direktur Utama Rumah Sakit Sanjiwani Gianyar, Dr. Ida Komang Upeksa mengatakan sesuai edaran kementrian kesehatan prioritas tenaga kesehatan (Nakes) akan mendapatkan prioritas vaksin covid-19.

Diungkapkan, pendistribusian vaksin Covid-19 akan dilakukan 4 tahap. Tahap pertama Nakes dan petugas penunjang. Tahap kedua pelayanan publik dan usia >60 tahun, jelasnya, Selasa (5/12) .

Upeksa menjelaskan, vaksin virus Covid -19 tahap pertama sudah tiba di Bali Selasa (5/1) dini hari. Di Kabupaten Gianyar, vaksin Covid-19 ini akan ditempatkan pada 17 tempat penyimpanan vaksin sudah disiapkan.

Baca juga:  Kumulatif Kasus COVID-19 Nasional Lampaui 750 Ribu Orang, Masih Bertambah di Atas 8.000!

Dr. Ida Komang Upeksa memaparkan sebanyak 3.210 vaksin yang akan segera di distribusikan di Kabupaten Gianyar. “Tahap pertama Gianyar mendapatkan 3.210 vaksin, kita masih berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Bali untuk didistribusikan ke Gianyar,” ucapnya.

Ia menegaskan tahap pertama akan diprioritaskan untuk para tenaga kesehatan atau nakes. “Awalnya kita perlu sebanyak 2.350 vaksin untuk nakes di Gianyar, akan tetapi yang diberikan adalah sebanyak 3.210 vaksin,” katanya.

Baca juga:  Setelah 4 Tahun Dikurung, Pemuda Gangguan Jiwa Dibawa ke RSJ

Kepala bidang penindakan dan pengendalian penyakit (Kabid P2) Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, Anak Agung Anom Sukamawa menyebutkan bahwa untuk penyimpanan vaksin di Kabupaten Gianyar telah disiapkan sebanyak 17 tempat. Tempat tersebut terbagi atas 13 Puskesmas, 3 Rumah Sakit, serta 1 di Dinas Kesehatan. ” Tempat penyimpanan sudah disiapkan, sementara distribusi vaksin masih berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Bali,” ungkapnya.

Sebanyak 13 Puskesemas di Kabupaten Gianyar yang digunakan untuk penyimpanan vaksin meliputi 2 Puskesmas di Kecamatan Sukawati, 2 Puskesmas di Kecamatan Blahbatuh, 2 Puskesemas di Kecamatan Tampaksiring, 2 puskesmas di Kecamatan Ubud, 2 Puskesmas di Kecamatan Tegallalang, serta 1 Puskesemas di Kecamatan Payangan.

Baca juga:  Bali Kembali Masuk 5 Besar Provinsi Terbanyak Tambah Kasus COVID-19 Harian

Sementara rumah sakit yang akan digunakan untuk tempat penyimpanan vaksin Covid-19 ini adalah Rumah Sakit Umum Daerah Sanjiwani Gianyar, Rumah Sakit Payangan, serta satu rumah sakit swasta yakni Rumah Sakit Ganesha. “Satu lagi tempat yang digunakan sebagai penyimpanan vaksin ini adalah di Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar,” ucap Anak Agung Anom Sukamawa. (Wirnaya/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *