Metro Dewata Jurusan Tabanan diluncurkan Jumat (11/12). (BP/bit)

TABANAN, BALIPOST.com – Bus Trans Metro Dewata yang disebut dengan nama Teman Bus, untuk koridor I yang melintasi wilayah Tabanan akhirnya resmi diluncurkan, Jumat (11/12). Yang menarik, selain nyaman dan bersih, bus ini dilengkapi dengan peralatan canggih seperti CCTV, reader kartu non tunai, sensor penghitung jumlah penumpang dan lainnya.

Masyarakat tentunya bisa mencoba moda .transportasi darat ini, apalagi hingga 31 Desember 2020 belum dikenai tarif alias gratis. Kepala Dinas Perhubungan Tabanan, I Gusti Darma Utama menjelaskan, ada 31 unit Bus Trans Metro Dewata yang siap memberikan pelayanan perjalanan nyaman dan aman dengan paramudi terlatih sebagai penunjang mobilisasi masyarakat yang terintegrasi dengan layanan angkutan massal lain.

Baca juga:  Angkot di Denpasar Terus Menyusut

Namun dari 31 armada tersebut, lanjut Darma, hanya 28 unit yang beroperasional, dan 3 unit lainnya untuk cadangan. “Program ini untuk meningkatkan lagi minat masyarakat menggunakan angkutan umum sehingga mampu mengurangi penggunaan kendaraan pribadi yang diharapkan mampu mengurangi kemacetan, angka lalu lintas dan polusi udara,” ucapnya.

Khusus untuk pelintasan di Tabanan atau koridor I, rute yakni Terminal Pesiapan – Central Parkir Kuta. Juga sudah disiapkan enam titik jemput halte sepanjang By Pass Ir. Soekarno.

Baca juga:  Pasien Berobat Jalan ke RSJ Bisa Naik Bus, Penumpang Lain Diminta Tak Khawatir

Untuk waktu headway (jarak antar bus) yang ditentukan yaitu 10 menit, sehingga penumpang tidak menunggu lama di halte. Namun dalam masa pandemi COVID-19, pihaknya tetap menekankan protokol kesehatan (Prokes). Jumlah penumpang dibatasi hanya untuk 12 orang penumpang (setengah dari kapasitas bus). (Puspawati/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *