Bupati Artha menyerahkan beasiswa bagi mahasiswa Jembrana berprestasi. (BP/Ist)

NEGARA, BALIPOST.com – Bupati Jembrana I Putu Artha, menyerahkan beasiswa secara simbolis kepada 6 orang perwakilan mahasiswa penerima beasiswa yang berprestasi tahap II, di Ruang VIP Kantor Bupati, Jumat (4/12). Pemberian beasiswa tersebut dilaksanakan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Beasiswa yang diberikan ini guna mendorong prestasi dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Jembrana. Sebanyak 800 orang mahasiswa asal Kabupaten Jembrana yang berprestasi di tahap II mendapatkan beasiswa sebesar Rp 3 juta per orang. Dengan IPK tertinggi 3.77

Bupati Jembrana I Putu Artha mengatakan, pemberian beasiswa ini bertujuan untuk menjalin komunikasi dan silahturahmi serta sebagai bentuk perhatian bagi anak-anak yang berprestasi dalam menempuh pendidikan. Diharapkan bantuan ini dapat meningkatkan proses belajar anak.

Baca juga:  Fakultas Tertua di Unwar Cetak SDM Berdaya Saing Global

Semoga semakin giat dan berprestasi dalam jenjang menuntut ilmu pendidikan. “Pemberian beasiswa ini sebagai bentuk apresiasi kepada siswa-siswa yang berprestasi agar dapat meningkatkan prestasinya,” kata Bupati Artha

Selain itu, Artha menyebutkan program beasiswa ini untuk mendorong para mahasiswa asal Jembrana semakin berprestasi dan bisa bersaing. “Kami harapkan, melalui beasiswa ini para penerima dapat memanfaatkan uang beasiswa sebaik-baiknya. Baik itu untuk meningkatkan prestasi maupun membantu biaya pendidikan dan tentunya bisa bersaing juga,” ujar Bupati Artha.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahrga Jembrana , Ni Nengah Wartini mengatakan setelah diseleksi yang dinyatakan lolos atau memenuhi persyaratan sebanyak 800 mahasiswa. Dengan Nilai IPK rata-tata di periode II ini mereka yang menembus IPK di atas 3,60 (cumlaude).

Baca juga:  Astra Motor Bali Ajak Mahasiswa "Cari Aman ala Anak Kampus"

“Seleksi dilakukan melalui perangkingan karena jumlah mahasiswa yang memenuhi persyaratan melebihi kuota anggaran yang disediakan. Sehingga ditetapkan pada periode II ini sebanyak 800 orang mahasiwa Jembrana yang menerima beasiswa,” ujarnya.

Wartini juga menjelaskan, bahwa mereka adalah mahasiswa PTN maupun PTS yang telah terakreditasi A pada jenjang Diploma III, Diploma IV dan Strata I. Masing-masing penerima mendapat beasiswa Rp 3 juta per semester.

Terkait dengan mekanisme pengajuan beasiswa seluruh pencairan berdasarkan aturan dan mekanisme yang sudah ditetapkan. Pada periode II telah diterapkan Sistem Informasi Beasiswa Jembrana (SIBAJA) merupakan pengembangan sistem pencairan beasiswa berbasis online guna mempermudah mekanisme pencairan.

Baca juga:  TSC Klungkung Sabet 13 Emas di Indonesia Open

“Selain itu sistem ini juga memperluas kesempatan penerima beasiswa , khususnya mereka yang kuliah diluar daerah , untuk mempermudah melengkapi dan mengupload berbagai kelengkapan serta persyaratan yang harus dipenuhi,” pungkasnya

Sementara salah satu penerima beasiswa, Ni Putu Candra Hiranmayena mengatakan pemberian beasiswa tersebut sangat berguna terutama bagi perekonomiannya kurang.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Jembrana Karena beasiswa yang diberikan ini sangatlah bermanfaat, dan Beasiswa ini bisa mendorong kita untuk lebih semangat dan berprestasi tentunya. Semoga program beasiswa berprestasi ini dapat terus berlanjut kedepannya” ungkap mahasiswa Undiksha dari Fakultas Ilmu Pendidikan. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.