Ratusan bibit pohon ditanam di Hutan Desa Panji. (BP/Istimewa)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Kawasan hutan Desa Panji, Kecamatan Sukasada menjadi lokasi program penanaman pohon. Mendekati musim hujan, pemerintah daerah bersama Kodim 1609/Buleleng, pemerintahan desa setempat melancarkan aksi penanaman pohon.

Sebanyak 700 jenis bibit pohon yang endemis tumbuh di hutan itu ditanam dengan melibatkan kelompok masyarakat. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Buleleng Putu Ariadi Pribadi mengatakan, hutan di Desa Panji secara umum kondisinya sudah baik.

Baca juga:  Diusulkan, Hutan Berbatasan dengan Danau Tamblingan Jadi Hutan Adat

Kawasan hutan itu sendiri menajdi sumber daya alam (SDA) menunjang program pembangunan. Untuk itu, sudah menajdi tangungjawab semua pihak menjaga kelestariannya dengan program penanaman pohon.

Tidak saja menanam, namun pihkanya mengajak dan mengedukasi warga agar peduli dalam menjaga kelestarian hutan desa. “Hutan sangat penting sebagai sumber ekonomi dan berfungsi penyimpanan air. Dengan begitu, pentingnya peranan hutan bagi kehidupan masyarakat, sehingga harus dijaga dengan penanaman seperti ini,” katanya.

Baca juga:  Lewat Akun FB Palsu, KE Nipu Belasan Juta Rupiah

Menurut mantan Camat Gerokgak ini, sebanyak 700 pohon yang ditanam pada hutan Desa Panji bantuan bibit pohon dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Unda Anyar. Ada juga bibit pohon didatangkan dari Kebun Raya Eka Karya Bedugul. Ratusan bibit pohon yang ditanam itu diantaranya pohon Pohon Aren, Nangka, Manggis dan Pohon Kererek. (Mudiarta/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.