Ilustrasi. (BP/tomik)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pemerintah Kabupaten Badung, berencana akan melengkapi Puskesmas Abiansemal dengan alat Polymerase Chain Reaction (PCR). Puskesmas yang terletak di Desa Blahkiuh, Kecamatan Abiansemal untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat yang melakukan Swab.

Hal itu diungkapkan Pjs. Bupati Badung, Ketut Lihadnyana saat ditemui belum lama ini. Kepala BKD Provinsi Bali ini mengatakan penempatan PCR di Puskesmas Abiansemal akan dilakukan dalam waktu dekat. Selama ini, alat untuk memeriksa sampel swab ini hanya ditempatkan di Rumah Sakit Daerah (RSD) Mangusada.

Baca juga:  Dalam Pemilu 2019, Pers Tak Boleh Jadi "Pemain"

“Selama ini kan RSD Mangusada, nanti kita tempatkan Puskesmas Abiansemal satu, jadi yang di RS untuk melayani masyarakat Selatan dan di puskesmas (Abiansemal I –red) melayani masyarakat Badung Utara,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kabupaten Badung, dr. Nyoman Gunarta saat dikonfirmasi Jumat (6/11) tak menampik rencana tersebut. Bahkan, mantan Dirut RSD Mangusada ini tengah menyiapkan ruangan khusus untuk penempatan alat tersebut.

Baca juga:  Operasi Antik, Polisi Tangkap Mahasiswa dan Dua Wanita

“Betul.. akan ditempatkan disana (Puskesmas Abiansemal I -red), namun akan dilakukan setelah ruangan siap,” katanya.

Menurutnya, alat PCR yang akan ditempatkan di Puskesmas Abiansemal I merupakan salah satu dari bantuan Provinsi Bali atau Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang kini dioperasikan di RSD Mangusada. Hanya saja penempatan PCR perlu ruangan khusus, sehingga memerlukan persiapan matang.

“Kita tidak bisa memindahkan begitu saja alat itu, perlu ruangan khusus dan persiapan matang,” tegasnya.(Parwata/BaliPost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.