I Gusti Bagus Putra Pertama. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Warga Karangasem yang terkonfirmasi tertular COVID-19 jumlahnya mendekati 1.000 orang. Dari kumulatif, kasusnya mencapai 947 orang.

Menurut Koordinator Bidang Kesehatan GTPP COVID-19 Karangasem, dr. I Gusti Bagus Putra Pertama rentang usia yang rentan tertular virus ini adalah 40 tahun ke atas. Jumlahnya mencapai 357 orang dari total kasus.

“Untuk usia produktif, rentang 26-40 tahun menduduki peringkat kedua pasien konfirmasi (positif) berdasarkan kelompok umur yang jumlahnya mencapai 294 orang. Kalangan remaja usia 14-25 tahun jumlahnya sebanyak 118 kasus dan usia 0-5 tahun hanya 5 kasus,” ucapnya.

Baca juga:  Pusing Hadapi Orang Moody-an, Ini Caranya

Pertama menambahkan, penularan sebagian besar menyerang warga usia 40 tahun ke atas lantaran tidak hati-hati saat bertemu banyak orang maupun berada di tempat umum. Ia juga menduga kecenderungan proteksi diri yang rendah, seperti misalnya abai atau kurang disiplin memakai masker, kian menambah besar potensi penularan dari orang ke orang.

“Jadi, melihat kasus itu, kita meminta masyarakat waspada dengan perketat Prokes. Mulai dari wajib memakai alat pelindung mulut dan hidung. Terlebih lagi penderita tanpa gejala (OTG) berpotensi meningkatkan angka penularan karena deteksi yang sulit,” sebutnya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Pasien COVID-19 Meninggal Terbaru, Seluruhnya Tak Miliki Penyakit Penyerta
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *