Umat Hindu melakukan persembahyangan di Pura Batu Medau, Nusa Penida. (BP/gik)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Bertepatan dengan rahina Buda Kliwon Pahang, Pura Batu Medau Nusa Penida, menggelar pujawali, Rabu (21/10). Meski di tengah pandemi COVID-19, pujawali tetap berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Pujawali ini nyejer selama 3 hari, dan masineb pada Sabtu (24/10). Menurut Panitia Pujawali, I Made Wijaya, para pengempon dan pamedek yang melakukan persembahyangan diatur secara bergiliran agar tidak berdesak-desakan.

Baca juga:  Usai Sholat Id, Muslim Kampung Singaraja Gelar Megibung

Masyarakat setempat cukup antusias mengikuti persembahyangan di pura setempat. Selain memohon keselamatan, masyarakat juga berdoa kepada para dewata maupun leluhur yang melinggih di pura tersebut, agar pandemi COVID-19 ini segera berakhir dan masyarakat bisa kembali hidup normal.

Tidak hanya masyarakat Nusa Penida, masyarakat dari luar juga ada yang khusus tangkil ke pura tersebut. Bahkan, Bupati Klungkung Nyoman Suwirta juga menyempatkan diri hadir di pura tersebut bersama umat lainnya.

Baca juga:  Diduga, Banyak Kendaraan Pariwisata Bodong di Nusa Penida

Bupati Suwirta dalam kesempatan itu, berharap krama pengempon maupun pamedek yang tangkil, melakukan persembahyangan dengan tetap disiplin mengikuti protokol kesehatan. Melalui yadnya ini, Bupati Suwirta juga mengajak seluruh krama untuk memohon kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Ida Bhatara yang berstana di Pura Batu Medau agar selalu memberikan sinar suci dan kerahayuan jagat.

Sehingga pandemi COVID-19 yang sedang mewabah segera berakhir. “Semoga kita selalu dalam lindungan;Nya dan pandemi ini segera berakhir,” ujar Bupati Suwirta. (Bagiarta/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.