Ilustrasi. (BP/tomik)

TABANAN, BALIPOST.com – Sebanyak lima orang pasien yang terpapar Covid-19 dinyatakan sembuh, dan empat orang dilaporkan terkonfirmasi positif baru, sesuai data yang dilansir Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 kabupaten Tabanan dalam website resminya, Kamis (22/10) sore.

Secara akumulasi total positif di Tabanan kini sebanyak 759, dan hanya tinggal 70 orang saja yang masih menjalani isolasi terpadu maupun perawatan di rumah sakit rujukan.

Terkait kondisi ini, Satgas kabupaten Tabanan sampai dengan di tingkat kecamatan terus melakukan edukasi dan kegiatan yang dikemas dengan berbagai cara agar nantinya bisa segera menekan angka kasus penyebaran, dengan harapan bisa turun menjadi zona hijau.

Baca juga:  Jika Terbukti, Kasus Pungli Pos KTP Terancam Sanksi Pemberhentikan

Seperti disampaikan Koordinator bidang informasi publik yang juga Kepala Diskominfo Tabanan, Putu Dian Setiawan, saat ini masyarakat sudah mulai bisa beradaptasi dengan kebiasaan baru, seperti disiplin memakai masker, rajin cuci tangan dengan sabun atau menggunakan handsanitizer dan jaga jarak. Hal inilah yang terus digiatkan, agar masyarakat secara tidak langsung terbiasa akan kebiasaan tersebut, sembari tetap produktif di masa pandemi.

“Artinya masyarakat tetap produktif seperti masa sebelum pandemi, hanya saja ada kebiasaan baru yang wajib dilakukan, dan saya lihat sudah semuanya menerapkan protokol kesehatan ini dengan baik,” terangnya.

Baca juga:  Karena Ini, Belasan Anggota Polda Bali Jalani Karantina

Meski demikian, Dian Setiawan mengakui, masih ada beberapa hal yang masih menjadi penekanan, salah satunya penggunaan masker yang benar yakni menutupi hidung dan mulut. “Untuk masker, semua masyarakat sudah saya lihat sudah disiplin, hanya saja yang masih perlu terus diberikan pembinaan cara pakai yang benar. Contohnya saja, mereka sudah pakai masker tetapi saat berbicara dengan temannya justru maskernya dibuka atau ada juga yang dibuka sampai di dagu, ini yang terus dilakukan pembinaan oleh bidang terkait khususnya tentang pendisiplinan masyarakat,” ucapnya.

Baca juga:  Wanita Tua Ini Dibunuh dan Mayatnya Dibuang ke Jurang

Di satu sisi, pihaknya juga sangat bersyukur, belakangan ini angka kasus di wilayah Tabanan mulai melandai. Meski sempat terjadi peningkatan, namun tidak berlangsung lama, dan kembali angka turun. “Astungkara, semoga tidak ada tambahan kasus tinggi lagi, seiring tingginya disiplin penerapan protokol kesehatan,” ucapnya. (Puspawati/Balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.