(BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Proses penyembuhan dan upaya antisipasi terkonfirmasi virus corona (Covid-19) dapat dilakukan dengan melakukan 3 K. Hal itu dikatakan Psikolog Edward Andriyanto Sutardhio, M.Psi., dalam talkshow Perjuangan Penyintas Melawan Covid-19 di Media Center Satgas Penanganan Covid-19 Graha BNPB Jakarta pada Senin (19/10) siang.

Sebagaimana dikutip dalam Youtuber BNPB, Rabu (21/10), 3K yang dimaksud antara lain, pertama, Kaji Informasi. Mengkaji semua informasi yang masuk. Pastikan hanya informasi yang dapat diandalkan dan positif yang masuk ke dalam pikiran.

Baca juga:  Seribuan Kasus COVID-19 Baru Dilaporkan Nasional

Kedua, Kelola Emosi. Mengatur seluruh emosi kita agar lebih rileks, tenang, dan lebih nyaman sehingga punya kekuatan untuk melawan penyakit yang menyerang imunitas tubuh itu.

Ketiga, Kembangkan Sumber Daya. Mencari hobi atau sesuatu yang menyenangkan. Sumber daya paling penting berada di sekeliling yang bisa membantu masyarakat lebih baik, lebih sehat, dan lebih mampu menghadapi situasi sulit ini.

Dosen di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini juga memberi pesan untuk para penyintas Covid-19 agar segera kembali beraktivitas di tengah masyarakat.

Baca juga:  Pilot Pesawat TNI AU Jatuh di Blora Dipastikan Gugur, Tinggalkan Anak Masih Balita

Para penyintas Covid-19 dapat membagikan perjuangan mereka dengan orang lain sehingga tahu apa yang harus mereka lakukan jika mengalami hal serupa.

Yang juga penting adalah para penyintas Covid-19 bangkit melakukan yang terbaik bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga pada orang di sekililing.

“Keberhasilan perjuangan para penyintas Covid-19 ini bisa dibagikan kepada orang lain sebagai bentuk kepedulian dan upaya untuk memutus mata rantai penyebaran wabah coronavirus di negara kita,” papar Edward. (Agung Dharmada/Balipost)

Baca juga:  Tingkatkan Perlindungan, Thailand akan Gunakan Campuran Dua Vaksin Ini
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *