Bencana pohon tumbang terjadi di Gianyar. (BP/Istimewa)

GIANYAR, BALIPOST.com – Dua hari belakangan hujan mengguyur Gianyar. Bencana alam pun mulai terjadi. Seperti tanah longsor hingga pohon tumbang.

Bencana terjadi di Jalan Raya Payangan dan Jalan Raya Tampaksiring. Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gianyar sudah diterjunkan ke lokasi untuk proses evakuasi.

Plt Kepala BPBD Gianyar, Ngakan Dharma Jati, Rabu (7/10), membenarkan akibat hujan disertai angin yang terjadi selama dua hari itu menyebabkan beberapa bencana di wilayah Gianyar bagian atas. Yakni di Desa Buahan, Kecamatan Payangan dan di Desa Tampaksiring. “Keduanya terjadi pada Selasa malam,” katanya.

Baca juga:  KGB Ada Riak, Gerindra dan PKPI Dekati Hanura - Nasdem

Dikatakan pada masing-masing lokasi kejadian sudah diterjunkan lima anggota untuk melakukan evakuasi. Selain itu pihaknya juga berkoordinasi dengan petugas PLN lantaran terdapat kabel listrik yang tertimpa pohon. “Pohon tumbang sudah dievakuasi menggunakan chainsaw dan koordinasi dengan PLN,” paparnya.

Selain itu, terdapat bencana tanah longsor di Desa Sumita, Gianyar. Bencana tanah longsor itu sampai menutup saluran irigasi subak di desa setempat.

Dari kejadian tersebut, terjadi penyumbatan saluran irigasi persawahan. “BPBD Gianyar juga sudah mengambil tindakan, dengan langsung mengevakuasi atau penormalan saluran irigasi tersebut,” katanya.

Baca juga:  Selain COVID-19, Ini Ancaman Dihadapi Bali

Ia mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap potensi bencana yang terjadi saat musim hujan. Terutama potensi tanah longsor dan pohon tumbang pada kawasan utara Gianyar. “Tolong waspada terhadap bencana,” tandasnya. (Manik Astajaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.