Bupati Jembrana I Putu Artha bersama Wabup Kembang Hartawan meresmikan Poli Mata di RSU Negara. Poli mata menambah lengkap pelayanan di RSU Negara. (BP/Ist)

NEGARA, BALIPOST.com – Setelah sebelumnya diresmikan pembangunan enam gedung baru dan fasilitas poli jiwa, kini fasilitas dan pelayanan di RSU Negara semakin lengkap dengan hadirnya Poli Mata. Layanan baru untuk masyarakat di RSU Negara itu diresmikan oleh Bupati Jembrana I Putu Artha didampingi Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan dengan pemotongan pita dan tumpeng, Senin pagi (14/9).

Peresmian tersebut juga turut dihadiri Direktur RSU Negara dr I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata, para Asisten Setda serta para pimpinan OPD di lingkup Pemkab Jembrana.

Ruang Poli Mata yang berada di lantai dua gedung Instalasi Rawat Jalan (IRJ) tersebut berfungsi melayani pemeriksaan, terapi dan tindakan refraksi dan lensa kontak. Selain itu, pelayanan Poli Mata juga melayani pemeriksaan vitreo retina, glaukoma, infeksi-imunology, okuloplastik-onkologi, pediatrik oftalmologi, strabismus, oftalmologi komunitas serta melayani surat keterangan buta warna.

Baca juga:  RSU Negara Rawat Pasien Pengawasan COVID-19

Di kesempatan yang sama, RSU Negara kini juga telah menerapkan sistem pendaftaran melalui aplikasi di smartphone. Dengan mengunduh aplikasi Hai Doc di play store, masyarakat langsung bisa melakukan pendaftaran hingga dalam tiga hari sebelumnya.

Begitu juga dengan sistem pembayaran, masyarakat yang datang berobat ke RSU Negara saat ini juga bisa melakukan pembayaran secara e-biling (non tunai) berkat kerjasama RSU Negara dengan Bank BPD Bali.

Bupati Jembrana I Putu Artha usai meresmikan Poli Mata mengungkapkan rasa syukur karena Rumah Sakit Umum Negara kini bisa meningkatkan pelayanan dan kapasitas untuk melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan pemeriksaan mata. Termasuk dengan menyekolahkan beberapa dokter umum menuju jenjang pendidikan spesialis. Sehingga tidak hanya gedungnya saja bertambah, tapi didukung tersedianya SDM mencukupi.

“Peningkatan kapasitas dan pelayanan di RSU Negara ini adalah merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah selama kepemimpinan Artha-Kembang dalam meningkatkan kapasitas melalui peningkatan kompetensi tenaga medis. Semoga dengan bertambahnya layanan yang ada di RSU Negara, bisa semakin meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Jembrana,” ungkap Artha.

Baca juga:  Sejumlah Pasien COVID-19 Meninggal Belum Diambil Keluarga, Ruang Jenazah RSU Negara Nyaris Penuh

Artha menambahkan, hal itu didukung juga dengan keberadaan SDM yang kian bertambah dengan kehadiran beberapa dokter spesialis yang bertugas di RSU Negara. “Sebelumnya untuk mendukung tenaga spesialis, Pemkab Jembrana telah bekerjasama dengan Universitas Udayana untuk menyekolahkan tenaga dokter umum untuk menempuh pendidikan spesialis,” imbuh Artha.

Terkait sistem pelayanan pendaftaran via aplikasi online dan pembayaran via e-billing yang sudah diterapkan RSU Negara Bupati Artha mengatakan kalau sistem pendaftaran dan pembayaran non tunai akan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam proses pendaftaran di RSU Negara. “Sistem pendaftaran online RSU Negara ini sangat bermanfaat untuk masyarakat yang ingin datang berobat kesini. Bahkan disebutkan pihak rumah sakit, masyarakat bisa melakukan pendaftaran dari tiga hari sebelumnya dari aplikasi Hai Doc, tentu ini sangat memudahkan masyarakat. Selain itu, pendaftaran secara online akan menghindari kerumunan sehingga sesuai dengan protokol kesehatan sebagai bentuk pencegahan penularan COVID-19,” kata Artha.

Baca juga:  Bali Tak Masuk, Luhut Sebut Ini Wilayah Jalani PPKM Level 3 Mulai Besok

Sementara itu, Direktur RSU Negara dr. Gusti Bagus Oka Parwata mengatakan, launching Poliklinik Mata merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kapasitas pelayanan di RSU Negara melalui fasilitasi peningkatan kompetensi tenaga medis. “Dengan dibukanya Poli Mata secara resmi, masyarakat Jembrana tidak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan pelayanan spesialis kesehatan mata. RSU Negara juga telah menerapkan sistem pendaftaran dan pembayaran via online yang akan memudahkan masyarakat. Selain itu tahun ini juga menyusul akan dibuka Poliklinik Kulit dan Poliklinik Kelamin,” ujar Parwata. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *