Pilkada
Ilustrasi. (BP/dok)

BANGLI, BALIPOST.com – Pendaftaran pasangan calon (paslon) bupati dan wakil Bupati Bangli segera dibuka KPU selama tiga hari mulai 4-6 September 2020. Dua bakal pasangan calon yang akan maju di Pilkada Bangli 2020, Sang Nyoman Sedana Arta-I Wayan Diar (Paket Sadia) dan I Made Subrata-Ngakan Kutha Parwata (Paket Bagus) rencananya mendaftar di hari yang sama.

Keduanya akan mendaftar ke KPU Bangli di hari pertama masa pendaftaran yakni Jumat (4/9). Namun pada waktu yang berbeda.

Wakil Sekretaris Tim Pemenangan Paket Sadia, I Gusti Triana Putra, Rabu (2/9) mengatakan merujuk surat intruksi dari DPD PDIP Bali, pendaftaran paslon ke KPU dilakukan secara serentak di 4 September pada pukul 10.00 WITA.

Baca juga:  Polres Bangli Bagikan Masker Gratis, Dua Bapaslon Dilibatkan

Pihaknya sudah sempat menyampaikan jadwal tersebut saat rapat kooordinasi yang difasilitasi Kapolres belum lama ini. Saat pendaftaran nanti, jumlah rombongan yang mengantar paket Sadia mendaftar ke KPU dibatasi.

“Hasil rapat yang saya ikuti tadi dengan Kasat Intel, Kapolres akan mengeluarkan instruksi. Yang boleh mengantar mendaftar hanya 15 orang saja. Tidak ada pengerahan masa dan tidak ada iring-iringan saat pendaftaran,” jelasnya.

Rombongan yang direncanakan ikut mengantar ke KPU Bangli terdiri dari paslon bersama istri masing-masing, ketua dan sekretaris partai pengusung (PDIP, Gerindra, Demokrat, PKPI dan Hanura) serta laison officer (LO).

Sebelum menuju kantor KPU Bangli, rombongan terlebih dahulu akan melaksanakan persembahyangan bersama di Pura Kehen. Kemudian setelahnya, rombongan menuju Kantor KPU Bangli untuk mendaftar.

Baca juga:  Donasi Alfamart Tak Ada Kaitan dengan Pilpres

Sejauh ini, pria yang Anggota DPRD Bangli itu mengatakan persiapan pendaftaran sudah mantap. Hanya tinggal melengkapi dokumen persyaratan. “Dukungan dari partai pengusung tinggal menunggu saja. Hanura rencananya akan menyerahkan rekomendasi jam 7 malam. Demokrat paling lambat besok. Rekomendasi sebenarnya sudah kita kantongi tapi fisiknya yang belum. Untuk partai Gerindra dan PKPI sudah diserahkan hari ini di DPC PDIP,” pungkasnya.

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah Ketua DPD II Golkar Bangli I Gusti Made Winuntara mengaku pihaknya akan berangkat untuk mendaftar ke KPU Bangli sekitar pukul 12.00 wita. Jumlah rombongan yang akan mengantar paket Bagus saat mendaftar nanti diperkirakan 50-100 orang.

Baca juga:  Kurangi Kepadatan Pemilih, Segini Tambahan TPS untuk Pilkada Bangli

Selain dari keluarga masing-masing bakal calon, rombongan yang akan ikut ke KPU dari partai Golkar dan Nasdem, serta relawan. Mengingat sekarang masih dalam situasi pandemi COVID-19, Winuntara mengatakan pihaknya akan datang ke KPU dengan menerapkan protokol kesehatan.

Seperti memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak. Dia mengatakan jika situasi tidak sedang pandemi COVID-19, pihaknya sebenarnya ingin saat pendaftaran nanti bisa show of force. “Tapi dengan situasi seperti sekarang, yang kita utamakan adalah menerapkan protokol kesehatan. Yang penting tujuan tercapai,” terangnya. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.