Polisi melakukan olah TKP kasus pencurian di Pura Dalem Dukuh Lukluk, Mengwi, Badung. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Kasus pencurian di pura kembali marak dan pelaku menyasar perhiasan yang dipasang di pratima. Seperti kasus terjadi di Pura Dalem Dukuh Lukluk, Mengwi, Badung, Selasa (18/8).

Pelaku membuang pratima di sekitar pura setelah mengambil perhiasannya. “Di wilayah Mengwi baru satu TKP,  tapi di polres lain banyak. Kami mengimbau agar warga mempeketat pengamanan di puranya masing-masing,” kata Kasubbag Humas Polres Badung Iptu Oka Bawa, didampingi Kanitreskrim Polsek Mengwi Iptu Wiwin Wirahadi, Minggu (23/8).

Baca juga:  Winasa Banding, Memori Dikirim Setelah Lebaran

Kronologisnya, pada Selasa pukul 06.30 Wita, Jro Mangku I Wayan Raka tiba di pura tersebut untuk bersih-bersih. Saat itulah melihat pintu pelinggih Gedong tempat penyimpanan pratima terbuka.

Jro Mangku Raka langsung memeriksa ke dalam gedong dan ternyata di dalam gedong berantakan, tiga pratima berbentuk singa, kuda dan patung manusia terbuat dari kayu hilang. Pratima tersebut berisi perhiasan emas. “Jro Mangku Raka mencari  dan ditemukan pratima tersebut di areal pura. Setelah dicek ternyata emas yang menempel di pratima hilang,” ujarnya.

Baca juga:  Terjaring Operasi Gabungan, Ini Pengakuan Duktang Lolos dari Pelabuhan Gilimanuk

Kejadian ini langsung dilaporkan ke Polsek Mengwi. Sejumlah anggota Polsek Mengwi dan Polres Badung mendatangi TKP. “Barang yang hilang perhiaaan  emas seberat 5 gram yang menempel di pratima dicongkel pelaku.   Permata jenis mirah 3 buah. Kerugiannya sekitar Rp 50 juta  termasuk biaya upakara,” ujar Iptu Oka. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.