Kawah Gunung Agung. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Aksi nekat dilakukan oleh seorang pendaki yang naik ke Puncak Gunung Agung. Pendaki tersebut nekat turun sampai ke kawah gunung tertinggi di Bali tersebut dan memfilmkan aksinya.

Berdasarkan rekaman video berdurasi 1:11 detik, si pendaki merekam kondisi di seputaran kawah. Pendaki tersebut menyampaikan kondisinya turun ke cubang kawah. Video diperkirakan diambil pada 17 Agustus 2020.

Kalak BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa saat dikonfirmasi, Kamis (20/8) mengaku belum mendapatkan informasi terkait adanya pendaki yang nekat turun ke kawah. “Kita belum terima ada laporan,” ujarnya.

Baca juga:  Perencanaan Tak Matang, Serapan Dana Desa Rendah

Setelah melihat rekaman video itu, ia sangat menyayangkan ada warga yang nekat turun ke kawah Gunung Agung di tengah situasi status Gunung Agung masih level II (waspada). Sebab, masih berpotensi terjadi erupsi sewaktu-waktu.

“Kita sangat sayangkan sekali hal itu. Karena masih ada warga yang melanggar rekomendasi dari PVMBG yang tidak mengizinkan adanya aktivitas di radius 2 kilometer dan penegasan kembali dari pemerintah daerah. Memang susah kalau tidak ada kerjasama semua lini,” ucapnya

Baca juga:  Rumah Tertimpa Pohon, Dua Orang Luka-Luka

Dengan adanya aksi itu, Pemerintah Karangasem melalui BPBD Karangasem kembali bakal memasang rambu peringatan permanen sebelum radius larangan 2 km dari kawah puncak Gunung Agung. Sebab, status Gunung Agung telah diturunkan ke level II (waspada), sehingga radius bahaya juga diturunkan dari 4 km menjadi 2 km saat ini. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.