Ketua Penggerak PKK Provinsi Bali, Putri Suastini Koster menyerahkan piala pada juara umum lomba senam aerobik se-Bali di Wantilan Gedung Pers Bali Ketut Nadha, Denpasar, Minggu (9/8). (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Di masa pandemi COVID-19, tiap orang harus menjaga kesehatan tubuh. Jadi senam-senam yang penuh dengan kebahagiaan itu harus tetap dilakukan. Demikian saran Ketua Penggerak PKK Provinsi Bali, Putri Suastini Koster, Minggu (9/8) saat menghadiri lomba senam aerobik di Wantilan Gedung Pers Bali Ketut Nadha, Denpasar.

Senam sendiri merupakan olahraga yang gerakannya dapat disesuaikan dengan usia. Bahkan untuk menjelang lanjut usia juga dapat disesuaikan gerakannya.

Baca juga:  Puluhan Sekolah di Buleleng akan Direhab

Jadi senam merupakan kegiatan yang sangat positif, dan diharapkan untuk tetap dilakukan serta dilanjutkan. Karena di dalam badan yang sehat akan terdapat jiwa yang sehat pula.

Untuk itu, kesehatan jasmani harus dijaga, agar dapat menjaga rohani yang sehat. “Maka ketika pandemi kita harus menjaga imun, tetapi juga tetap menjaga iman. Supaya hidup kita aman,” terangnya.

Dalam melakukan senam maupun olahraga bersama, Putri Koster mengimbau agar tetap menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Pada tatanan kehidupan normal baru ini, gaya hidup selalu melihat protokol kesehatan.

Baca juga:  Pramuka Diharapkan Terus Menggeliat di Era Milenial

Seperti penerapan social distancing. Karena saat melakukan olahraga, tubuh akan mengeluarkan keringat atau cairan. Seperti yang diketahui, air merupakan media yang mudah dalam penyebaran COVID-19.

Untuk itu, diharapkan selalu menjaga jarak agar tidak sampai bersentuhan dengan peserta lainnya. Selain itu, penggunaan masker juga harus diperhatikan.

Masyarakat Bali telah menjadi contoh pemakaian masker. “Masker sudah menjadi kebutuhan kita. Bali harus memberi contoh masker mandiri. Karena, jika kita menyediakan masker sendiri, maka kerajinan masker akan muncul, terutama masker yang berbahan kain. Melindungi diri sendiri berarti menjaga juga kesehatan orang lain,” tambahnya.

Baca juga:  Warga Karangasem Terus Berdatangan ke GOR Swecapura

Kemudian selalu mencuci tangan. Datang dari manapun diharapkan untuk selalu mencuci tangan.

Putri Koster berharap agar pandemi COVID-19 jangan dijadikan hal menakutkan. Tapi dijadikan dasar untuk mengubah pola hidup. (Eka Adhiyasa/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.