Paiketan Krama Istri (PAKIS) Majelis Desa Adat (MDA) Provinsi Bali merayakan puncak HUT ke-3 Tahun 2023, di Panggung Terbuka Ardha Candra, Taman Budaya Bali, Minggu (17/9) malam. (BP/kmb)

DENPASAR, BALIPOST.com – Paiketan Krama Istri (PAKIS) Majelis Desa Adat (MDA) Provinsi Bali merayakan puncak HUT ke-3 Tahun 2023, di Panggung Terbuka Ardha Candra, Taman Budaya Bali, Minggu (17/9) malam. Perayaan HUT ditandai dengan pemotongan tumpeng sebagai bentuk rasa syukur, karena selama 3 tahun PAKIS MDA Provinsi Bali telah ikut mendukung program pembangunan Bali dengan visi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali”.

Perayaan HUT ke-3 PAKIS MDA Provinsi Bali dihadiri langsung oleh Pj Gubernur Bali, Sang Made Mahendra Jaya, beserta istri, seluruh Kepala OPD Provinsi Bali, Ketua DPRD Provinsi Bali, Sekda Provinsi Bali, dan seluruh prajuru istri MDA Provinsi Bali, serta undangan lainnya.

Pada puncak perayaan HUT ke-3 PAKIS MDA Provinsi Bali ini, diserahkan hadiah dan piagam penghargaan kepada pemenang kuis PAKIS Bali Tahun 2023 dan Lomba Senam “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” Tahun 2023. Pemenang juara I, II, dan III lomba senam ini ditampilkan untuk memeriahkan puncak perayaan HUT ke-3 PAKIS MDA Provinsi Bali ini. Di samping juga dimeriahkan oleh hiburan lainnya.

Baca juga:  Sempat Ngobrol dan Membaik, Sejam Kemudian Dirut RS Puri Raharja Meninggal

Manggala Utama PAKIS MDA Provinsi Bali, Putri Suastini Koster, mengatakan bahwa PAKIS MDA Provinsi Bali yang terbentuk pada 17 September 2020 merupakan amanat dari Perda Nomor 4 Tahun 2019 tentang Desa Adat di Bali. Hal ini menjadi baru pertama kali lembaga adat yang menaungi krama istri di desa adat.

Sejak terbentuk rapat bersama pengurus intens dilakukan, agar organisasi PAKIS MDA Bali ini ramping, sehingga gesit, cepat, tangkas, melakukan kegiatan-kegiatan agar dapat tercapai apa yang menjadi tujuan dari lembaga adat ini. Dikatakan, PAKIS MDA di kabupaten/kota telah dikukuhkan oleh MDA kabupaten/kota masing-masing.

Baca juga:  Walau Sudah Bawa Suket, Warga Madura Masuk Gilimanuk Harus Jalani Skrining Ulang

Sebanyak 80 % PAKIS di desa adat  juga telah dikukuhkan oleh jro bendesa di masing-masing desa. Diharapkan, dimana PAKIS hadir di sana akan ada cinta kasih, keikhlasan, kehidupan, dan kesejahteraan sesuai dengan filosofi lambang dan seragam hitam dengan senteng poleng.

Putri Koster juga berharap di usinya yang ke-3 tahun, seluruh pengurus dan anggota PAKIS MDA Bali untuk menjalani perannya masing-masing sebagai krama istri di desa adat. Baik bidang adat, agama, tradisi, seni dan budaya serta kearifan lokal, pendidikan dan olahraga, kesehatan, ekonomi adat serta hukum adat, perlindungan krama istri dan anak.

Baca juga:  240 ASN Langgar Netralitas Pada Pemilu 2024

Pada kesempatan ini, Putri Koster mengucapkan terima kasih kepada Pj Gubernur Bali yang telah mendukung, mendorong, dan memfasilitasi perayaan HUT ke-3 PAKIS MDA Bali. “Matur suksma majeng ring Pemerintah Provinsi Bali, dan kami tentunya PAKIS sejebag Bali niki bertekad untuk bersama-sama dengan Murdaning Jagat Bali, bersama-sama dengan pemerintah untuk mewujudkan Bali yang kawista, Bali kang tata-titi tentram kerta raharja, gemah ripah lohjinawi sekala niskala,” ujar Putri Koster. (Winatha/balipost)

BAGIKAN