Bupati Suwirta bersama Menhub Budi Karya Sumadi, saat bertemu di Nusa Penida dalam acara peletakan batu pertama pembangunan pelabuhan. (BP/Ist)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mengucapkan terima kasih atas dukungan dan koordinasi Gubernur Bali, Wayan Koster dengan pemerintah pusat dalam mewujudkan pembangunan dua pelabuhan penyeberangan di Nusa Penida. Bupati Suwirta juga menyampaikan rasa syukur ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa. Sebab, pada periode kedua kepemimpinannya, dua pelabuhan bagian dari rencana pelabuhan segitiga emas dapat terealisasi dan diwujudkan melalui dana APBN.

“Kami mengucapkan terima kasih berkat dukungan Bapak Gubernur lewat koordinasi dengan Presiden dan Menteri Perhubungan dapat merealisasikan pembangunan pelabuhan ini,” ujar Bupati Suwirta usai mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Gubernur Bali Wayan Koster pada peletakan batu pertama (Ground Breaking) pembangunan Pelabuhan Penyeberangan Sampalan dan Bias Munjul, Kecamatan Nusa Penida, Senin (3/8).

Baca juga:  Karena Ini, Pembangunan di Desa Pejukutan Terhambat

Bupati asal Nusa Ceningan ini juga menyampaikan terima kasih kepada Menhub Budi Karya Sumadi yang telah memberikan perhatian khusus kepada Nusa Penida dengan melihat segala potensi yang luar biasa. Menurut Bupati Suwirta, dalam mewujudkan cita-cita besar ini dengan APBD Klungkung yang kecil tidaklah mudah. Diperlukan dukungan Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Pusat. Dengan dukungan ini, Bupati berharap ke depan Kabupaten Klungkung bisa menjadi mandiri secara bertahap.

Baca juga:  Layanan Belum Optimal, Kenaikan Tarif Kapal Roro Ditunda

“Pembangunan bisa terwujud jika pemerintah, masyarakat dan pihak swasta bersatu padu mewujudkan cita-cita dengan satu pikiran dan keyakinan untuk menggali potensi Nusa Penida yang memiki anugerah alam yang luar biasa,” sebutnya.

Pembangunan Pelabuhan Penyeberangan Sampalan dan Bias Munjul, Nusa Penida didanai dari APBN dengan sistem multiyear lebih dari Rp 190 miliar. Menhub Budi Karya menyampaikan sebagai tujuan wisata utama, Presiden Joko Widodo memberi perhatian khusus kepada Bali. “Pembangunan pelabuhan ini pada esensinya adalah membangun keselamatan, kenyamanan bagi masyarakat. Mudah-mudahan ini akan memberi suatu kebangkitan Bali Era Baru,” ujar Menhub Budi Karya.

Baca juga:  Rp4,7 Triliun Dana APBN Belum Terserap di Bali

Sementara Gubernur Bali Wayan Koster berharap pembangunan kedua pelabuhan ini dapat selesai sesuai perencanaan. Nusa Penida merupakan wilayah yang sangat sakral dengan daya tarik dan taksunya yang kuat. Gubernur berharap pembangunan pelabuhan ini dapat terselesaikan sesuai waktunya. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *