Drs. Gede Suyasa, M.Pd. (BP/Istimewa)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Setelah terjadi penambahan pasien sembuh sebanyak 8 orang, pada Jumat (24/7), Buleleng kembali melaporkan terjadi kasus konfirmasi Covid -19. Sesuai dengan revisi 5 Protokol Kesehatan Kemenkes, tambahan 1 pasien konfirmasi ini tergolong pasien Asimtomatik alis tanpa gejala.

Dengan tambahan 1 orang pasien itu, maka total kasus konfirmasi Covid -19 di Buleleng sebanyak 123 orang. Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19 Buleleng Drs. Gede Suyasa, M.Pd membenarkan telah terjadi penambahan pasien konfirmasi itu.

Baca juga:  Ini, Rambu-rambu Bagi Peserta Pameran Kerajinan PKB

Gede Suyasa mengatakan, pasien ini diketahui berasal dari Kecamatan Sukasada. Dari rekam mediknya, sebelum dinyatakan pasien konfirmasi Covid -19, pasien yang sudah diberi kode 160 ini tidak menunjukkan gejala terinfeksi Virus Corona. Namun demikian, pasien diketahui memiliki riwayat pernah kontak langsung dengan pasien konfirmasi sebelumnya yaitu kode 145.

Dari hasil tracing, tim medik kemudian melakukan satu kali swab test PCR di mana hasilnya positif. Setelah dinyatakan konfirmasi, pasien baru itu menjalani treatment pengobatan di Rumah Sakit Pratama (RSP) Giri Emas, Kecamatan Sawan. “Hari ini kita terima tambahan 1 pasien konfirmasi dari Kecamatan Suaksada. Dari rekem medik dan mengacu pada ketentuan Revisi ke 5 Protokol Kesehatan Kemenkes, pasien ini termasuk Asimtomatik alias tidak bergejala, namun memiliki riwayat pernah kontak dengan pasien konfirmasi sebelumnya,” katanya.

Baca juga:  Puluhan OTG-GR Buleleng Tetap Jalani Isolasi di Hotel

Di sisi lain, Gede Suyasa mengatakan, di RSP Giri Emas awalnya merawat 7 orang pasien Covid -19. Jumlah ini bertambah 1 orang pasien dengan status suspect (seseorang yang memiliki salah satu dari kriteria dengan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)-red. Tambahan pasien ini berasal dari Kecamatan Sukasada. Dari pemeriksaan dokter penanggungjawab, pasien mengalami batuk. Saat ini tim medik masih menunggu hasil swab test PCR yang pertama.

Baca juga:  STP Bali Kampiun Lomba Ide Bisnis Bidang Pariwisata 2017

Sedangkan, untuk pasien suspect sebanyak 180 orang. Jumlah pasien suspect konfirmasi sebanyak 24 orang dan pasien dengan status Discarded sebanyak 148 orang. (Mudiarta/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.