Ilustrasi. (BP/tomik)

NEGARA, BALIPOST.com – RSU Negara kembali memulangkan pasien terkonfimasi positif Covid -19 pada Rabu (22/7). Satu pasien asal Banjar Melaya Kerajan, Desa Melaya, yang berprofesi sebagai sopir logistik. Selain kesembuhan pasien terkonfirmasi, ikut dipulangkan satu orang pasien probabel (PDP) asal Mendoyo Dauh Tukad .

Kesembuhan itu disampaikan Direktur RSU Negara dr I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata didampingi Jubir Satgas Covid-19 Jembrana dr I Gusti Agung Putu Arisantha, Rabu ( 22/7).

Menurut Oka Parwata, sesuai dengan pedoman terbaru penanganan Covid-19, pasien cukup dengan hasil satu kali swab negatif sudah bisa dinyatakan sembuh dan dipulangkan. “Dari hasil swab terakhir, sudah dinyatakan negatif. Pasien juga kita bekali dengan surat keterangan pemeriksaan yang menyatakan tidak ditemukan gejala dan tanda infeksi Covid-19, setelah dilakukan perawatan,“ kata Oka Parwata.

Baca juga:  Ini Alasan Insentif Tenaga Medis di Tabanan Belum Cair

Kepada pasien yang sembuh, Parwata juga berharap mereka tetap menjalankan protokol kesehatan selama di rumah. Diantaranya dengan selalu menjaga jarak dan menggunakan masker.

“Tetap jaga diri dengan mengikuti protokol kesehatan selama berada di rumah. Tidak perlu khawatir apabila ada stigma negatif, karena pasien sudah selesai perawatan dan dibekali dengan surat keterangan hasil pemeriksaan sembuh dari Covid-19, “ paparnya.

Selain kesembuhan satu pasien terkonfirmasi di RSU Negara, Rabu ini, Satgas Covid-19 Jembrana juga mengumumkan kesembuhan dua pasien lainnya. Keduanya merupakan pasangan suami istri, asal desa Melaya yang sebelumnya menjalani perawatan di RSPTN Udayana. Pasien pertama merupakan ibu hamil yang usia kandungan sekitar 40 hari.

Baca juga:  Pedagang Terpapar COVID-19 Meroket, Ini Temuan Polisi di Pasar Tradisional

Sementara secara bersamaan, suaminya yang berprofesi sebagai sopir logistik Denpasar-Jembrana, juga terkonfirmasi positif Covid-19. “Keduanya juga sudah dinyatakan sembuh dan negatif setelah jalani perawatan. Hari ini secara bersamaan sudah dipulangkan,“ kata Jubir Satgas Covid-19 Jembrana dr I Gusti Agung Putu Arisantha.

Secara kumulatif, jumlah pasien konfirmasi positif sudah sembuh di Jembrana sebanyak 52 orang . Sementara total pasien terkonfirmasi positif sebanyak 54 orang . Sehingga tingkat kesembuhan pasien di Jembrana kini mencapai 96 %. Saat ini masih sisa dua orang lagi yang dirawat di RSU Negara. Pasien pertama seorang nenek asal Desa Yehembang Kangin Mendoyo. Sedangkan pasien kedua seorang pedagang asal Kelurahan Loloan Timur. (Surya Dharma/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.