Eva Lilian van Leenen (kiri) bersama Agus Nuarta. (BP/Ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Bali meloloskan sembilan atlet ke PON Papua 2021 nanti. Mereka adalah Agus Nuarta, Putu Wirawan, Dewa Gede Anom, Risto M. Fauzan, dan Pande Made Iron (putra), serta Eva Lilian van Leenen, Putri Yunadi, Dinda, dan Dewi Novita Lestari (putri). Para atlet ini turun di kolam serta perairan terbuka (open water).

Tercatat dua perenang yang turun di perairan terbuka, yakni Dewa Gede Anom (5000 meter) dan Agus Nuarta (10.000 meter). Selama ini, para atlet menjalani latihan di klubnya masing-masing. Pelatih PON memiliki tiga orang, yakni Wayan Wiarta, Putu Era Larasati dan Gede Meiga Wira Pradtama. Gede Meiga dipercaya menangani dua atlet Eva Lilian dan Agus Nuarta dari klub Telaga Biru.

Baca juga:  Atlet Karate Klungkung Wakili Indonesia di Asian Games 2018

Meiga menerangkan, informasinya Pantai Mertasari Sanur, dibuka sejak 9 Juli lalu. Akan tetapi, dirinya belum melatih atlet asuhannya Agus Nuarta untuk perairan terbuka. Alasannya, kalau berlatih di lepas pantai harus menggunakan kano dan peralatan lainnya. Sebelumnya, Agus Nuarta tidak bisa berlatih di pantai, karena untuk sementara ditutup. “Selama ini, Eva Lilian dan Agus Nuarta berlatih di Kolam Renang Mahajaya Ubung, serta Dharmapala Gatsu Barat,” jelas Gede Meiga, di Denpasar, Senin (13/7). Menurut dia, Eva Lilian merebut emas di nomor gaya dada 50 meter pada PON di Jabar 2016 silam.

Baca juga:  Kejurnas Yongmoodo Kasad Cup, Atlet Putri Duta Kodam Udayana Melaju ke 8 Besar

Dijelaskannya, Agus Nuarta selain turun di perairan terbuka, juga bertanding di kolam renang pada nomor gaya bebas 100 meter, 200 meter dan 400 meter. “Eva Lilian dan Agus Nuarta berlatih daya tahan tubuh, bertujuan meningkatkan VO2 max,” ujar Gede Meiga. Dia mengakui, disaat pandemi covid-19 ini, justru atlet rutin berlatih. Tujuannya, untuk mematangkan persiapan, mengingat pelaksanaan PON di Bumi Cendrawasih masih setahun lagi.

Baca juga:  Ida Batara Mewali ke Besakih, Gunung Agung Keluarkan Hembusan Setinggi 500 Meter

Sementara, Eva Lilian diproyeksikan turun di gaya dada 50 meter, 100 meter dan 200 meter. Saat ini, Eva Lilian bercokol di urutan keempat gaya dada 200 meter, peringkat kelima 50 meter, serta urutan keenam pada 100 meter. Agus Nuarta menghuni peringkat ketiga pada 200 meter bebas, serta menghuni peringkat kelima di 400 meter dan perairan terbuka 10.000 meter. (Daniel Fajry/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *