BOJONEGORO, BALIPOST.com – Sejak sepekan terakhir, warga bantaran Sungai Bengawan Solo diresahkan dengan air sungai yang tak bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Warga menduga jika aliran sungai terpanjang di Pulau Jawa tersebut tercemar limbah dari daerah hulu sungai.

Warga bantaran sungai yang terdapat di Kabupaten Bojonegoro sejak sepekan terakhir tidak bisa lagi memanfaatkan air sungai. Pasalnya, air berwarna hijau kecoklatan.

Baca juga:  Dari Sopir Truk Kabur hingga Korban Jiwa COVID-19 Dilaporkan Bali

Saat digunakan mandi, warga merasa gatal-gatal. Warga pun enggan mengambil airnya untuk dimasak.

Selain itu, warga yang seringkali memancing di sungai ini juga mengeluh karena sepinya ikan berkumpul. Menurut warga sekitar, pada musim kemarau seperti ini seringkali Sungai Bengawan Solo tercemar akibat turunnya debit air sungai.

Salah satu warga bantaran Sungai Bengawan Solo, Jefri, mengatakan sampah yang berserakan juga menjadi salah satu faktor tercemarnya sungai itu. Ia berharap agar pemerintah daerah segera mengatasi hal tersebut sehingga sungai yang menjadi kebanggaan warga Bojonegoro kembali bersih dan dapat dimanfaatkan kembali. (Mulyanto/Surabaya TV)

Baca juga:  Awasi PMI, Satgas Gotong Royong di Bangli Terkendala Ini
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *