Ilustrasi. (BP/tomik)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Kasus warga terkonfirmasi positif Covid-19 akibat transmisi lokal terus meningkat di Kabupaten Karangasem. Dua hari belakangan ini, Karangasem mencatat ada enam tambahan kasus baru warga positif terjangkit virus Covid-19.

“Pada Rabu (1/7) ada tambahan empat kasus, Yakni di Desa Bugbug sebanyak 1 (satu) orang, Desa Kerta Buana sebanyak 1 (satu) orang, Desa Nawakerti sebanyak 1 (satu) orang, dan Desa Kesimpar sebanyak 1 (satu) orang. Dan hari ini (Kamis Red) kasus dari Sengkidu dan Baturinggit. Semua kasus ini merupakan tranmisi lokal,” ungkap Koordinator Satuan Tugas Bidang Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid -19 di Kabupaten Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama Kamis (2/7).

Baca juga:  Tiga Hari Terakhir, WHO Catat Penurunan Penyebaran Pandemi COVID-19

Pertama menambahkan, pihaknya telah melakukan tracing terhadap orang-orang yang sempat diajak kontak dengan yang bersangkutan. “Kita telah lakukan tracking siapa saja yang diajak kontak. Ada puluhan warga yang di tracing dari kasus ini,” tambahnya.

Dia menjelaskan, dengan tambahan kasus ini, maka secara keseluruhan kasus positif yang ditemukan di Karangasem menjadi 78 kasus dan 8 kasus ditemukan di provinsi Bali. Jelas Pertama, kasus tranmisi lokal cukup tinggi, yakni sebesar 73% dan 27% berasal dari PPLN. Sementara warga sembuh bertambah 1 pasien sembuh yaitu dari Desa Kertabuana Sidemen, sehingga pasien sembuh menjadi 48 orang dan yang masih dalam pemantauan 38 orang,” jelasnya.

Baca juga:  Bali Catatkan Jumlah Harian Pasien Sembuh Lebih Tinggi dari Tambahan Positif COVID-19

“Kita tetap menghimbau kepada seluruh masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan, seperti rajin cuci tangan, tertib memakai masker, tertib menjaga jarak, dan selalu menghindari kerumunan untuk mencegah terjadinya penambahan warga terkena kasus Covid-19,” jelasnya. (Eka Prananda/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.