Ketua TP.PKK Kab Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra, menyerahkan hadiah bagi pemenang lomba Jambore PKK serangkaian HKG PKK ke 48 tahun 2020 dan lomba PKK KKBPKK-Kes tingkat kabupaten dan provinsi, di halaman belakang kantor Bupati Gianyar, Kamis (25/6). (BP/Ist)

GIANYAR, BALIPOST.com – Tahun-tahun mendatang kegiatan PKK akan lebih difokuskan pada kegiatan sosial. TP. PKK Kabupaten dan PKK Kecamatan akan turun langsung ke tengah masyarakat, mendatangi masyarakat melakukan kegiatan sosial termasuk kegiatan posyandu. Hal ini ditegaskan oleh Ketua TP.PKK Kab Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra, pada penyerahan hadiah bagi pemenang lomba Jambore PKK serangkaian HKG PKK ke 48 tahun 2020 dan lomba PKK KKBPKK-Kes tingkat kabupaten dan provinsi, di halaman belakang kantor Bupati Gianyar, Kamis (25/6).

Hadir pada penyerahan itu, Wakil Bupati Gianyar A.A. Gde Mayun, Kadis PMD Dewa Ngakan Ngurah Adi, Kadis Perindag Gianyar, Luh Gde Eka Suary, Wakil Ketua 1 TP.PKK Kab Gianyar Ny. Diana Dewi Agung Mayun dan Wakil ketua 2 , Ny. Dwikorawati Wisnu Wijaya.

Pada kesempatan itu, Ny. Surya Adnyani Mahayastra juga menekankan selama ini perayaan HUT HKG PKK seluruh Indonesia dirayakan secara seremonial, namun setelah adanya instruksi dari Ketua TP.PKK Pusat Ny. Tito Karnavian yang mengimbau seluruh TP.PKK agar lebih memfokuskan pada kegiatan-kegiatan sosial, dan visi PKK yaitu mewujudkan keluarga yang sejahtera. Sehingga sesuai dengan hakikat PKK sendiri yaitu sebuah gerakan bagaimana kita sebagai mitra pemerintah  bersama-sama menggerakkan masyarakat untuk membangun dan bagaimana menumbuhkan kesejahteraan ekonomi masyarakat itu sendiri.

Ditambahkan,  karena ada pandemi ini, anggaran untuk kegiatan PKK di tahun 2020 sudah direalokasikan untuk bantuan pada masyarakat dan para kader terdampak di Kabupaten Gianyar. “Kegiatan kami di PKK mulai bulan Maret hingga Desember 2020 sudah kami alihkan ke penanganan pencegahan covid 19 ini,” jelas Ny. Surya Adnyani Mahayastra.

Terkait kegiatan lomba HUT HKG PKK baik di kabupaten maupun provinsi, Ny. Surya Adnyani Mahayastra mengucapkan selamat sekaligus terimakasih karena telah berusaha dengan baik, sehingga memperoleh hasil yang maksimal di tingkat kabupaten maupun provinsi. Istri Bupati Made Mahayastra ini juga Kembali mengingatkan, apa yang menjadi materi dalam lomba tersebut seperti lomba yel-yel, penyuluhan masing-masing pokja PKK, UP2K, posyandu, PHBS,  Hatinya PKK maupun pola asuh anak dan remaja (PAAR) sangat relevan dengan kondisi sekarang ini. Seperti Hatinya PKK, bekerjasama dengan TP.PKK Provinsi, berbagai bibit tanaman sudah diberikan pada masyarakat. Ini sangat penting dalam ketahanan pangan keluarga di tengah pandemi ini. Begitu pula halnya dengan UP2K atau usaha peningkatan pendapatan keluarga. Dimana saat ini banyak karyawan yang dirumahkan, mereka beralih membuat usaha rumahan, seperti membuat jajanan, kerajinan  dan berbagai produk lainnya untuk dijual baik langsung maupun online.

“Tanpa kita sadari apa yang menjadi program- program di PKK sangat bermanfaat di masa pandemi ini. Jika itu benar-benar nyata  kita terapkan dengan baik, saya yakin kita akan menjadi masyarakat yang tangguh,” tegasnya lagi.

Terkait Hatinya PKK, Ny. Surya Adnyani Mahayastra mengingatkan masyarakat, bantuan bibit yang telah diberikan agar dimanfaatkan dengan baik. Jika sudah menghasilkan, agar bijinya disemai lagi, untuk membuat bibit baru. Ini sebenarnya inti dari  bantuan Hatinya PKK, dari tanaman yang kita berikan bisa ada bibit-bibit baru sehingga berkesinambungan dan mampu memberikan manfaat secara berkelanjutan.

Pada kesempatan itu Wakil Bupati Gianyar, A.A Gde Mayun didampingi Ny. Surya Adnyani Mahayastra menyerahkan hadiah bagi pemenang, Pelaksana Terbaik lomba PKK-KKBPK-Kes tingkat Provinsi. Dimana Desa Bona meraih juara 1 untuk lomba posyandu dan Desa Petulu Kec. Ubud meraih juara III untuk lomba PAAR.

Sedangkan pelaksana terbaik lomba Jambore PKK serangkaian HKG PKK ke 48 tingkat provinsi, Kabupten Gianyar berhasil meraih juara II lomba yel-yel atas nama Ni Made Astutiani dari Kec. Payangan, juara II lomba koor atas nama Ni Komang Puspadewi, juara I lomba UP2K atas nama Ni Made Yulia Tarina, S.KM dan juara III lomba Hatinya PKK atas nama Ayu Rostya Dewi Dalem dari Kecamatan Ubud. Selain itu, juga diserahkan penghargaan bagi para pemenang lomba yang sama di tingkat kabupaten. (adv/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.