Bintang Puspayoga memberikan piagam penghargaan kepada 36 Aparat Penegak Hukum (APH) Kepolisian Daerah Metro Jaya atas dedikasi dan keberhasilannya dalam mengungkap kasus eksploitasi seksual dan tindak pidana perdagangan anak yang dilakukan oleh Warga Negara Asing (WNA) buronan FBI (Federal Bureau of Investigation) berinisial RM di DKI Jakarta. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga memberikan apresiasi berupa piagam penghargaan kepada 36 aparat penegak hukum (APH) Kepolisian Daerah Metro Jaya atas dedikasi dan keberhasilannya dalam mengungkap kasus eksploitasi seksual dan tindak pidana perdagangan anak yang dilakukan oleh warga negara asing (WNA) buronan FBI (Federal Bureau of Investigation) berinisial RM di DKI Jakarta.

“Terungkapnya kasus kejahatan seksual dan tindak pidana perdagangan orang oleh WNA sekaligus buronan FBI oleh Subdit IV Tipid Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya pada 15 Juni 2020, menjadi angin segar bagi kita semua, khususnya Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Ini menjadi salah satu bukti betapa kerja sama yang baik antarseluruh pihak akan mampu menolong dan melindungi anak-anak dari kejahatan dan kekerasan,” tegas Bintang Puspayoga.

Baca juga:  Menteri Puspayoga dan Istri Nyoblos di TPS 17 Dangin Puri Kauh

Bintang Puspayoga menambahkan, sikap proaktif masyarakat yang diikuti kecepatan dan ketepatan APH Kepolisian Daerah Metro Jaya serta pihak-pihak terkait lainnya sangat membantu untuk mengungkap kasus kejahatan pada anak ini. “Untuk itu, apresiasi yang setinggi-tingginya saya berikan kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam pengungkapan kasus ini, terutama kepada 36 orang penyidik dari Subdit IV Tipid Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya yang terlibat. Sebagai bentuk apresiasi saya, pada hari ini, dengan tulus saya ingin memberikan piagam penghargaan kepada Bapak/Ibu yang telah berjasa ikut melindungi anak-anak Indonesia,” ujarnya.

Baca juga:  Karyawan Tidur, Gerai Kopi Terbakar

Bintang Puspayoga berharap penghargaan tersebut dijadikan sebagai pengingat, pendorong, dan pemberi motivasi untuk senantiasa melakukan upaya-upaya perlindungan anak, memberikan inspirasi bagi rekan-rekan lainnya, dan dapat memperkuat komitmen kita sebagai lembaga dalam melindungi anak Indonesia. “Saya juga ingin agar proses peradilan dapat dikawal dengan sebaik-baiknya, sehingga pelaku dapat diberikan hukuman yang setimpal,” tegasnya.

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Nana Sudjana mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada Kementerian PPPA dan juga FBI atas apresiasi yang diberikan. “Saya mewakili Kepolisian Republik Indonesia tentunya sangat bangga dengan penghargaan yang diberikan oleh kedua belah pihak. Terungkapnya kasus eksploitasi dan perdagangan anak ini juga karena kepedulian dan kesadaran masyarakat untuk melaporkan kepada kami,” ujar Nana Sudjana.

Baca juga:  Imbas Gempa Sumedang, 248 Rumah Rusak dan 456 Warga Mengungsi

Sementara itu, Atase Hukum FBI John Kim menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada Menteri Bintang Puspayoga dan Kapolda Nana Sudjana. “Terima kasih saya sampaikan kepada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Kapolda Metro Jaya. Kerja sama lintas sektor seperti inilah yang telah berhasil mengungkap kasus kejahatan pada anak dan menangkap pelaku kejahatan. Kami juga akan terus berusaha dan berkomitmen untuk melindungi Indonesia, khususnya perempuan dan anak dari segala bentuk kejahatan,” ujarnya. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *