Beberapa warga berendam dan berjemur di Pantai Sanur, Denpasar. (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Sejumlah pantai di Bali mulai dikunjungi. Aktivitas berjemur dan berenang juga sudah ada yang melakukan.

Salah satunya di Pantai Sanur. Dari pantauan, beberapa warga berendam dan berjemur di Pantai Sanur, Denpasar pada Selasa (23/6).

Terkait hal ini, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Denpasar I Dewa Gede Rai, mengatakan hingga kini Pemkot belum berencana membuka objek wisata. “Sejauh ini belum ada rencana dibuka. Gugus Tugas terus bertugas untuk melakukan pemantauan objek wisata terkait kunjungan wisatawan atau masyarakat. Sejauh ini masih kita tutup,” tegasnya.

Baca juga:  Libur Idul Fitri, Taman Ayun Penuh Sesak

Ia mengakui kasus COVID-19 dalam dua hari terakhir mengalami penurunan dibandingkan sepekan sebelumnya. Namun hal ini tidak lantas diartikan akan ada pelonggaran terhadap aktivitas masyarakat.

Justru, semua komponen harus makin meningkatkan kedisiplinan dan kewaspadaan dalam mencegah penyebaran COVID-19. Menurutnya, peningkatan kedisiplinan sangat perlu. Hal ini mengingat tingkat penularan COVID-19 di Kota Denpasar masih cukup tinggi yakni di atas 1.

Jika ini disesuaikan kriteria pusat mengenai penerapan era baru atau adaptasi kebiasaan baru, Denpasar belum memenuhi kriteria. Dijelaskannya, meski belum memenuhi kriteria, namun Pemkot Denpasar terus melakukan persiapan menuju new normal.

Baca juga:  Per 5 Juni, Bali Catatkan Tambahan Belasan Pasien Positif COVID-19

Upaya tersebut seperti dikeluarkannya surat edaran Wali Kota Denpasar yang ditujukan ke instansi-instansi termasuk swasta agar membentuk satgas penanganan COVID-19 serta menyiapkan sarana dan prasarana penerapan protokol kesehatan menyambut adaptasi kebiasaan baru. “Contohnya agar menyiapkan hand sanitizer, kewajiban penggunaan masker, physical distancing dan pengecekan suhu tubuh. Kita sudah sempat memantau langsung ke lapangan kesiapan kantor-kantor instansi vertikal seperti di pengadilan, rata-rata sudah siap menuju new normal,” kata Dewa Rai. (Eka Adhiyasa/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.