DENPASAR, BALIPOST.com – Penyebaran COVID-19 terus meningkat, sedangkan pemerintah mulai menerapkan kehidupan era baru. Menyikapi kondisi ini, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., menekankan dalam mengantisipasi peningkatan angka positif COVID-19 diperlukan kehati-hatian dan disiplin yang tinggi dari seluruh masyarakat.

Termasuk aparat yang bertugas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan COVID-19. Hal ini disampaikan Pangdam saat mendengarkan paparan melalui vidcon para Danrem jajaran kodam terkait penanganan COVID-19 dan evaluasi kegiatan pendisiplinan masyarakat di wilayahnya masing-masing, Jumat (5/6).

Mengingat tingkat penyebaran wabah virus tersebut masih terus terjadi, Gugus Tugas Nasional berharap kepada TNI membantu pemda. Mayjen Benny Susianto menyampaikan tata laksana masyarakat dengan kehidupan baru yang produktif dan aman di wilayah diantaranya, para Dansat Kowil agar mendorong pemda untuk menjabarkan konsep new normal tiap daerah sesuai kebijakan masing-masing wilayah.

“Apabila ditemukan peningkatan (positif COVID-19) terjadinya kasus di zona hijau, bersama Gugus Tugas Kabupaten/Kota laksanakan evaluasi untuk melakukan penutupan kembali,” ujarnya.

Koordinasi dengan pemda sebagai Gugus Tugas Wilayah agar segera dapat diambil keputusan sesuai tahapan-tahapan yang sudah ditentukan menurut protokol kesehatan dengan tindakan cepat, terkoordinir dan focus serta segera lakukan edukasi dan sosialisasi agar dapat dipahami oleh masyarakat secara luas.

Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G., S.I.P..mengatakan, vidcon ini merupakan salah satu realisasi pimpinan dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas penanganan COVID-19 yang dilaksanakan Kodam IX/Udayana. Pangdam terus-menerus melakukan pemantauan dan mengevalusi atas kinerja para prajurit di lapangan dalam melaksanakan tugas penanganan penyebaran virus Corona dengan harapan mata rantai penyebarannya segara dapat diputus dan masyarakat dapat kembali beraktivitas seperti semula.

“Penerapan pendisiplinan masyarakat, TNI bersama Polri sesuai yang diamanatkan pemerintah menjadi garda terdepan pelaksanaannya dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan penyebaran COVID-19,” tegasnya. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.