Bupati Mas Sumatri. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Desa Adat, khususnya di Kabupaten Karangasem, dalam penanggulangan penyebaran COVID-19 sangat berperan besar. Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri mengungkapkan, selama ini peran desa adat membantu pemerintah dalam menekan penyebaran COVID-19 sangat besar.

Keberhasilan menekan angka warga yang terjangkit ini, dikatakannya, bentuk sinergi desa adat yang dilaksanakan bersama aparat keamanan, babinsa dan bhabinkabtibmas. “Kita apresiasi kerja keras desa adat secara bersama-sama bersinergi dengan pemerintah dalam pencegahan COVID-19 ini. Karena berbagai kebijakan yang telah dibuat pemerintah tidak akan berjalan dengan baik tanpa dukungan dari desa adat,” ucapnya.

Mas Sumatri menambahkan, pihaknya berharap peran desa adat ini dijadikan sebagai pilar utama untuk mendisiplinkan masyarakat. Melalui hukum adat, agar masyarakat tertib dan disiplin dan untuk mengendalikan pergerakan masyarakat.

Sebab, dalam menekan COVID-19, sangat bagus lewat satuan tugas berbasis desa adat, yang turut berperan dalam proses pembatasan wilayah hingga proses isolasi jika ada peningkatan kasus. “Mereka tahu apa yang mesti dilakukan untuk mencegah warganya dari COVID-19 ini,” tegas Sumatri. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.