Warga mengambil cairan disinfektan dari tandon air yang disediakan di Monumen Puputan Klungkung. (BP/gik)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Mencegah penyebaran Covid-19, Pemkab Klungkung menyediakan disinfektan gratis di tempat-tempat umum mulai Jumat (20/3) sore. Disinfektan ditempatkan di Monumen Puputan Klungkung, Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya dan Pasar Umum Galiran. Masyarakat bisa langsung mengambil dan menyemprotkan diri sebagai bagian dari gerakan pencegahan virus Corona.

Bupati Klungkung Nyoman Suwirta mengatakan, cairan disinfektan akan terus disediakan dalam beberapa hari ke depan. Dia mempersilakan warga memanfaatkan secukupnya agar tersedia bagi semua warga. “Rencananya disediakan di seluruh kecamatan sampai ke Nusa Penida,” katanya.

Baca juga:  Anggota Dewan Denpasar Dites Urine

Upaya ini sekaligus untuk mengedukasi masyarakat agar turut serta bergerak bersama melakukan pencegahan. Sebab, sulit diketahui seperti apa penyebaran Covid-19. Jadi, satu-satunya cara adalah tetap menjaga kebersihan lingkungan, sterilkan lingkungan dengan penyemprotan cairan disinfektan dan menjaga kebersihan diri sendiri dengan rajin cuci tangan.

Menurut Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra sebagai Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 di Klungkung, upaya pencegahan akan terus dilakukan. Penyediaan cairan disinfektan di tempat-tempat umum akan terus ditambah. Masyarakat bisa mengambil secukupnya, kemudian menyemprotkan sendiri di rumah dan di lingkungan sehari-hari beraktivitas.

Baca juga:  Dari Puluhan Kasus Baru Positif COVID-19 di Bali, 90 Persennya Transmisi Lokal

Upaya ini langsung disambut antusias oleh masyarakat Klungkung, khususnya Kota Semarapura. Warga menyerbu lokasi tandon air yang dimanfaatkan untuk menampung cairan disinfektan. Mereka bergantian mengambil cairan untuk segera disemprotkan di rumahnya. Ada yang menggunakan botol, ada pula yang memanfaatkan jeriken. (Bagiarta/balipost)

BAGIKAN