Bupati Artha melakukan penyemprotan disinfektan di Pelabuhan Gilimanuk. (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Guna mengantisipasi penyebaran virus Corona di Jembrana, penyemprotan disinfektan dilakukan di Pelabuhan ASDP Gilimanuk, selasa (17/3). Spraying Disinfektan dipimpin langsung Bupati Jembrana I Putu Artha, bersama Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Jembrana serta Tim Satgas Penanggulangan COVID-19 Provinsi Bali.

Pencegahan virus corona di Pelabuhan ASDP Gilimanuk dilakukan dengan penyemprotan disinfektan. Penyemprotan antisipasi penyebaran virus Corona ini dilakukan di loket-loket penumpang dan ruangan publik, termasuk ruang tunggu dan penyeberangan pelabuhan, angkutan kapal laut, terminal, pasar dan obyek wisata di Gilimanuk.

Selain itu, juga diberikan masker dan sanitizer bagi pengunjung yang masuk Bali melalui pelabuhan Gilimanuk. Penyemprotan juga berlaku bagi kendaraan penumpang yang masuk pintu pelabuhan. Petugas juga melakukan pemeriksaan suhu tubuh mengetahui kondisi kesehatan penumpang .

Baca juga:  Karena Alasan Ini, Sejumlah Desa di Bangli Hentikan Penyemprotan Disinfektan di Pintu Masuk

Usai melakukan penyemprotan di Areal Pelabuhan Gilimanuk, Bupati Artha bersama rombongan melanjutkan disinfektan menuju tempat fasilitas umum seperti pasar umum hingga perkantoran. Termasuk di lingkup Kantor Bupati Jembrana .

Bupati Jembrana I Putu Artha usai melakukan penyemprotan desinfektan mengatakan penyemprotan disinfektan dilakukan guna mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19) di pintu masuk Bali Barat (Gilimanuk). “Sesuai instruksi Presiden, hari ini kita bersama Tim Satgas Covid-19 Provinsi melakukan penyemprotan dIsinfektan di pelabuhan Gilimanuk yang merupakan area yang sensitif sebagai pintu masuk Bali Barat. Penyemprotan kita prioritaskan pada ruang publik yang mudah tersentuh seperti loket, kantor hingga kapal penumpang,” kata Artha.

Baca juga:  Pascapenutupan Bandara, Penyeberangan Gilimanuk-Ketapang Masih Lengang

Lebih lanjut Artha mengatakan selain di Pelabuhan Gilimanuk pihaknya juga telah melakukan penyemprotan disinfektan di tempat – tempat publik. “Usai melakukan penyemprotan di Pelabuhan Gilimanuk kita langsung melakukan penyemprotan menuju area publik seperti fasilitas umum, pasar umum, tempat wisata hingga area perkantoran pemerintah,” jelasnya.

Kepada masyarakat Artha juga berpesan untuk jangan panik dengan tetap waspada dengan cara mencegah masuknya virus dengan cara melakukan pola hidup bersih.

Baca juga:  Diserbu Pengembang, Ratusan Lahan Hijau di Batuagung dan Dangintukadaya

Hal senada juga disampaikan Tim Satgas Covid-19 Provinsi Bali, Dewa Dharmada. Kegiatan ini merupakan langkah awal dalam mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19) melalui penyemprotan desinfektan di pelabuhan-pelabuhan nasional di Bali. “Ini merupakan langkah awal kita dalam upaya mengantisipasi penyebaran virus. Dengan adanya kegiatan ini kami harapkan kegiatan ini tak hanya dilakukan disini (Gilimanuk) saja, akan tetapi bisa dilakukan secara menyeluruh utamanya di tempat-tempat umum. Kepada masyarakat saya juga menghimbau untuk selalu bisa memproteksi diri dengan selalu menerapkan pola hidup bersih agar terhindar dari virus,” ujar Dharmada. (Adv/balipost)

BAGIKAN