Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa mengawali sensus penduduk di Badung yang dilaksanakan secara online. (BP/dok)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pemkab Badung bersinergi dengan BPS Badung dalam rangka untuk mematangkan pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020. Bahkan, guna mendukung sensus penduduk, Pemkab Badung membentuk petugas khusus dari organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Mereka ditugaskan mengkoordinir dan mengakselerasi pelaksanaan sensus penduduk mulai dari OPD masing-masing. “Petugas ini kami tugaskan untuk memberikan sosialisasi dan melakukan pemberdayaan kepada masyarakat, seperti dalam pengisian data-data berkaitan dengan sensus kepada semua penduduk itu sendiri. Terlebih dalam pelaksanaan sensus penduduk ini sudah menggunakan sistem online,” ujar Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa dalam rapat koordinasi sensus penduduk di Badung, Jumat (28/2).

Menurutnya, dengan adanya sistem online masyarakat perlu didampingi serta diberikan arahan yang baik, sehingga hasil dari sensus penduduk di Badung lengkap dan benar.
Sementara itu, Kepala BPS Kabupaten Badung Ni Putu Minarni mengatakan, BPS tahun ini memiliki metode yang berbeda dibandingkan sebelumnya dalam melaksanakan sensus.

Metode yang digunakan yaitu metode kombinasi dalam hal ini, data dasar yang digunakan untuk menggunakan update berasal dari data Ditjen Dukcapil. Metode kedua adalah sistem online. Masyarakat bisa update data dirinya secara mandiri melalui website. (Parwata/balipost)

BAGIKAN