Ketua TP.PKK Kab. Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra membuka Gebyar Integrasi Pemantauan Pertumbuhan dan Perkembangan serta pemberian Vit A di Wantilan Jaba Pura Dalem Kangin, Desa Tegalalang Kec. Tegalalang, Selasa (25/2). (BP/Istimewa)

GIANYAR, BALIPOST.com – Ketua TP PKK Kab. Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra membuka Gebyar Integrasi Pemantauan Pertumbuhan dan Perkembangan serta pemberian Vit A yang dirangkaikan dengan kegiatan gebyar Sinkronisasi dan Harmonisasi Hatinya PKK yang diprakarsai oleh Pemprov Bali, di Wantilan Jaba Pura Dalem Kangin, Desa Tegalalang Kec. Tegalalang, Selasa (25/2). Pemerintah Daerah Provinsi Bali melakukan berbagai upaya kesehatan yang bersifat promotif dan preventif melalui pendekatan yang tepat, terkoordinasi, terpadu secara teknis dan manajerial di Desa Tegalalang, Gianyar.

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah pembinaan kesehatan lansia melalui pemberian vaksinasi influenza kepada 100 orang lansia untuk mewujudkan lansia yang sehat, mandiri, aktif dan produktif dari Bali untuk Indonesia. Beberapa hal penting mengapa orang lansia perlu diberikan imunisasi yaitu karena penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi saat ini belum musnah di dunia.

Baca juga:  Proyek RSUD Sanjiwani Ditinjau BPKP Bali

Kegiatan diawali dengan penebaran benih ikan oleh Ny. Adnyani Mahayastra didampingi Wakil ketua 1 TP PKK Kab. Gianyar, Ny. Diana Dewi Agung Mayun, Wakil Ketua 2 Ny. Dwikorawati Wisnu Wijaya, dan beberapa kepala OPD terkait di aliran sungai Subak Kelabang Moding Desa Tegallalang. Kemudian dilakukan peninjauan pelaksanaan IVA tes di Puskesmas Tegalalang 1, pemberian Vit A bagi bayi, pemberian obat cacing untuk balita, pemberian PMT, pemberian vaksin influensa dan pemberian paket bantuan berupa paket sembako untuk 50 orang lansia, pemberian baju kaos untuk 50 orang lansia dan bantuan kursi roda untuk lansia.

Baca juga:  ASI Rilis Survei Kinerja Menteri Kabinet Jokowi-Ma'ruf, Bintang Puspayoga Masuk 5 Besar Paling Memuaskan

Adnyani Mahayastra menjelaskan Februari ini merupakan Bulan Vit A dan obat cacing. Dalam kegiatan ini dirangkaikan dengan sinkronisasi dan harmonisasi Hatinya PKK.

Di samping itu juga diisi dengan kegiatan sosialisasi tentang lansia tangguh oleh DP3AP2KB Kab. Gianyar dan sosialisasi tentang pentingnya Vaksin Influensa bagi lansia dari PT Sanofi. “Vaksin Influensa memang baru pertama kali kita berikan pada lansia, karena baru pertama kali tentu kita harus berikan dulu pemahaman dan apa manfaatnya bagi para lansia kita. Namun yang penting harus diketahui, vaksin ini akan memberikan kekebalan tubuh sehingga lansia terhindar dari beberapa penyakit,” terang Ny. Surya Adnyani Mahayastra.

Baca juga:  Puslag Koni Gianyar Gelar Tes Fisik

Selain pemberian vaksin, juga diadakan senam lansia dan yoga untuk lansia. Menurut istri dari Bupati Gianyar Made Mahayastra ini, inti dari kegiatan dari kegiatan untuk lansia ini adalah bagaimana membuat para lansia kita tetap sehat dan mandiri di usianya sekarang ini. (Adv/balipost)

 

BAGIKAN