Petugas memeriksa kesehatan babi yang akan disemblih di RPH Kota Denpasar. (BP/ara)

DENPASAR, BALIPOST.com – Permintaan pemotongan babi di Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Denpasar dipastikan meningkat lantaran umat Hindu dalam beberapa hari ini akan merayakan Galungan. Bahkan, diprediksi peningkatannya mencapai 200 persen dibandingkan hari biasa.

‘’Peningkatan diprediksi mencapai 200 persen dibanding hari biasa yang hanya 100 hingga 125 ekor per hari,’’ ujar Kasubag Tata Usaha RPH Kota Denpasar A.A. Mayun.
Peningkatan yang signifikan dikarenakan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk melakukan pemotongan hewan di RPH. Selain kesehatan, pelaksanaan yang simpel juga menjadi alasannya.

Dijelaskannya, RPH Kota Denpasar dalam menunjang kelancaran pemotongan hewan jelang hari besar keagamaan, senantiasa dilakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap kesehatan hewan yang akan disembelih. Tujuannya, menghasilkan daging yang aman dan sehat untuk dikonsumsi. Pemeriksaan secara rutin dilakukan baik sebelum hewan dipotong (antemortem) maupun pemeriksaan daging hasil pemotongan atau postmortem. (Asmara Putra/balipost)

BAGIKAN