Para pendiri ITB STIKOM Bali dan pengurus Yayasan Widya Dharma Shanti foto bersama dan Konjen Jepang Hirohisa Chiba usai menyerahkan Bintang Jasa dari Kaisar Jepang kepada Prof. Dr. I Made Bandem, MA. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kaisar Jepang Naruhito menganugerahkan Bintang Jasa The Order of the Rising Sun, Gold Rays with Neck Ribbon untuk Musim Gugur Tahun 2019 pada 3 November 2019 kepada Prof. Dr. I Made Bandem, M.A. Penghargaan ini diserahkan oleh Konsul Jenderal (Konjen) Jepang di Bali, Hirohisa Chiba di kantor Konsulat Jenderal Jepang, Renon, Denpasar, Jumat (31/1) malam.

Penghargaan dari Jepang ini adalah kali kedua diterima oleh Prof. Bandem. Sebelumnya, dia menerima penghargaan Menteri Luar Negeri Jepang, juga diserahkan oleh Konjen Hirohisa Chiba pada 8 September 2017.

Hirohisa Chiba mengatakan, penghargaan kepada Prof. Made Bandem ini karena peran aktif beliau dalam peningkatan persahabatan Indonesia dan negara-negara lain termasuk Jepang melalui bidang seni-budaya dan akademisi. Konjen memaparkan bahwa sejak menjadi guru kesenian di Kokar Bali, tahun 1965 beliau ikut dalam misi kesenian kepresidenan Republik Indonesia ke luar negeri termasuk Jepang.

Setelah lulus dari Asti Denpasar tahun 1968, beliau melanjutkan bidang seni tari dan musik di Unveritas Hawaii, dan pada saat itu Prof. Bandem tertarik mempelajari kesenian Jepang seperti Bon Odori (tari rakyat) dan Taiko (drum tradsional). “Kemudian saat studi S-2 di Universitas California (1970 – 1972) dan S3 di Universitas Wesleyen, Amerika Serikat (1977-1980), Prof. Bandem mempelajari kesenian klasik Jepang yakni tari Bugaku dan musik Gagaku dari seorang maestro Jepang dan mengadakan pentas di kuil-kuil Jepang di Los Angeles, Middletown dan Connecticut,” kata Hirohisa Chiba. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.