hibah
Ilustrasi. (BP/dok)

GIANYAR, BALIPOST.com – Pemkab Gianyar menaikkan dana partai politik yang lolos dalam pileg 2019. Kenaikan tahun cukup signifikan yakni hampir tiga kali lipat dari sebelumnya.

Total nilai dana parpol Rp 2,7 miliar. Dari jumlah itu, PDI-P kecipratan paling banyak yakni Rp 1,7 miliar.

Sementara parpol lainya mendapat dana jauh di bawah nilai itu, bahkan paling kecil PKPI yang hanya memperoleh Rp 58,4 juta.
Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Gianyar I Wayan Subrata mengatakan, dana tersebut diberikan ke lima parpol yang memperoleh kursi di DPRD Gianyar periode 2019-2024.

Baca juga:  Kekurangan Anggaran, Potensi Jadi Gangguan Pilgub Bali 2018

Terdiri atas PDI-P, Golkar, Demokrat, Gerindra dan PKPI. “Mereka menginginkan kenaikan bantuan keuangan parpol di Gianyar yang bersumber dari APBD,” jelasnya, Senin (27/1).

Dikatakan, masing-masing parpol sebelumnya telah mengajukan usulan besaran kenaikan dana, karena dengan pertimbangan sejak 2014 belum pernah ada kenaikan. Sebelumnya setiap parpol menerima dana Rp 3.304 per suara sah. “Awalnya ada yang mengajukan antara Rp 11 ribu hingga Rp 12 ribu per suara. Berdasarkan pengajuan itu diambil rata-rata oleh Bapak Bupati, setiap parpol dinaikkan menjadi Rp 9.500 per suara,” jelasnya.

Baca juga:  Setengah Jumlah UMKM Bali Ada di Gianyar

Ditambahkan, kenaikan itu sudah diperkenankan oleh Kementerian Dalam Negeri. (Manik Astajaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.