Wisatawan memadati kawasan Tanah Lot, Tabanan. (BP/ist)

TABANAN, BALIPOST.com – Selama kegiatan upacara Pemelastian serangkaian Karya Agung Pengurip Gumi di Pura Luhur Batukau, kunjungan ke DTW Tanah Lot, Kediri, Tabanan masih tetap dibuka. Hanya saja, pihak manajemen akan memberlakukan sistem buka-tutup untuk kunjungan wisatawan.

Manajer Operasional DTW Tanah Lot, Ketut Toya Adnyana mengatakan, untuk memberikan kelancaran agar rangkaian prosesi Pemelastian berjalan labda karya, pihaknya akan melakukan pengaturan untuk keluar-masuknya wisatawan yang akan masuk ataupun keluar dari Tanah Lot. Hal ini sudah diinformasikan jauh hari sebelumnya kepada agen perjalanan atau travel agar menyesuaikan waktu kunjungan, khususnya pada saat acara melasti serangkaian Karya Pengurip Gumi.

Baca juga:  Di Tabanan, Kunjungan Wisatawan Tiongkok Turun Digantikan Wisatawan Negara Ini

Ia menjelaskan saat iiring-iringan Ida Bhatara dan pemedek mendekati kawasan DTW Tanah Lot, jalur masuk maupun keluar dari Tanah Lot akan disterilkan dan diprioritaskan untuk Pemelastian. Wisatawan yang saat itu berada di jalur sekitar atau menuju DTW Tanah Lot akan dilakukan penutupan sementara.

“Penutupan sementara untuk kunjungan wisatawan ini berlaku hingga prosesi upacara yang diperkirakan berlangsung hingga pukul 17.00 Wita,” ucapnya.

Baca juga:  Puncak Pujawali Pura Luhur Batukaru Dipadati Pemedek

Dan bagi wisatawan yang sudah ada di areal parkir Tanah Lot dan ingin melanjutkan perjalanan ke luar kawasan obyek, baru akan dibuka setelah iring-iringan Pemelastian sudah berada di dalam kawasan atau di Pantai Tanah Lot. Pengaturan ini dilakukan untuk mencegah penumpukan kunjungan disekitar kawasan obyek, sehingga prosesi melasti dan kegiatan labuh gentuh di pantai Tanah Lot serangkaian Karya Pengurip Gumi bisa berjalan lancar.

Baca juga:  Celukan Bawang Diusulkan Jadi Penyangga Pariwisata

Kegiatan melasti sendiri akan dimulai pada 29 Januari. Dari Pura Luhur Batukau menuju kota Tabanan, mererepan di Pura Puseh Tabanan. Keesokan harinya akan lanjut menuju Tanah Lot yang diperkirakan sampai ke tujuan pada pukul 14.00 wita. (Puspawati/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *