Daging kurban ditempatkan di besek untuk meminimalkan penggunaan plastik. (BP/ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Perayaan Idul Adha 1440 H, Minggu (11/8) dilakukan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) di Gedung Serbaguna LDII Provinsi Bali. Ratusan hewan dikurbankan untuk umat Islam yang berhak memperolehnya.

Menurut Wakil Ketua DPW LDII Provinsi Bali, H. Hardilan didampingi Sekretaris DPW LDII Bali, Agus Purmadi, dalam perayaan kali ini agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya untuk mengikuti imbauan meminimalkan penggunaan plastik, daging kurban yang dibagikan dikemas dalam besek.

Baca juga:  Regulasi Perlindungan Terumbu Karang Perlu Diperkuat

Besek yang didalamnya diisi daun pisang itu digunakan sebagai wadah daging kurban. Kemudian besek diikat dengan janur sehingga menimbulkan kesan tradisional. “Sesuai imbauan dan adanya Pergub No. 97 untuk mengurangi timbulan sampah plastik, Idul Adha tahun ini tidak menggunakan wadah plastik. Kami menggunakan besek yang didalamnya diisi daging kurban dengan dibungkus daun pisang,” ungkapnya.

Total ada 112 ekor sapi dan 325 ekor kambing dikurbankan. Dari total kurban sebanyak 437 ekor itu, lanjutnya, dijadikan 10.000 bungkus daging.

Baca juga:  Bupati Artha Berikan Bantuan Warga Terkena Musibah Kebakaran di Lelateng

Ia menjelaskan pembagiannya dilakukan di 7 kabupaten se-Bali, yakni Denpasar, Badung, Gianyar, Karangasem, Buleleng, Tabanan, dan Jembrana. “Didata oleh masing-masing PAC LDII (kelurahan) yang berhak memperoleh daging kemudian nantinya akan didistribusikan sesuai dengan hasil pendataan. Cara ini lebih tepat sasaran dan efisien,” sebutnya.

Lebih lanjut dikatakannya pemberian daging kurban tidak hanya untuk umat Islam tapi juga semua lapisan masyarakat sekitar. “Di sini lah cerminan umat Islam menjaga kerukunan dengan umat beragama lainnya,” katanya.

Baca juga:  Musim Hujan, Wilayah Rawan Longsor dan Pohon Tumbang Dipetakan BPBD Bangli

Upaya menjaga kerukunan umat beragama ini, tambahnya, juga dilakukan dengan melibatkan aparat keamanan pecalang Br. Buana Desa, Babinsa dan Babinkamtibnas Padangsambian, serta aparat kepolisian.

Juga Desa Pekraman Padangsambian dengan Bendesanya, AA Suira. Dalam pelaksanaan pemotongan kurban kemarin, hadir AA Ketut Asmara Putera yang merupakan anggota DPRD Denpasar dan Wakil Bendesa Bagian Pawongan. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *