Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan ke terminal bus. (BP/istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Pemerintah menginginkan Terminal bus mempunyai fasilitas dan bangunan layaknya bandara sehingga masayarakat akan tertarik menggunakan angkutan masal. Salah satu terminal yang akan direvitalisasi adalah Terminal Ubung di Denpasar, Bali.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, sebagai langkah awal akan ada 9 kota yang akan menjadi percontohan revitalisasi terminal tipe A yaitu Pekanbaru, Batam, Bandung, Semarang, Medan, Surakarta, Denpasar, Badung, dan Yogyakarta (Terminal Giwangan).

Budi Setiyadi mengatakan, Kemenhub telah menyediakan anggaran sebesar Rp 2 triliun untuk merevitalisasi seluruh terminal tipe A di Indonesia dengan anggaran untuk per terminal Rp 50 miliar.

Baca juga:  Kementerian PUPR Ambil Alih Penanganan Jalan Rusak Parah di Lampung

Sementara, Menhub Budi menjelaskan Kemenhub akan bekerjasama dengan swasta untuk melakukan satu project yang bernama “buy the service”. Maksudnya adalah pemerintah tidak lagi mengadakan bus, melainkan melalui pemberian layanan dan subsidi.

Sementara untuk bus disediakan oleh pihak swasta. “Jadi nanti, kita bisa berikan subsidi yang awalnya harga bus 10 ribu, kami subsidi jadi 5 ribu. Nah yang mengadakan bus ini swasta oleh karenanya saya mengundang swasta yang punya perusahaan bus untuk bekerjasama dengan pemerintah,” jelasnya.

Menhub menjelaskan, akan menyiapkan sumber daya manusia yang mumpuni untuk mengelola terminal bus tipe A sehingga diharapkan dapat mendesain terminal yang lebih bagus dan semua ruang dapat berfungsi dengan baik.

Baca juga:  KPK Perpanjang Penahanan Mardani Maming

Sesuai dengan implementasi Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, telah dilakukan proses alih kelola P3D Terminal Penumpang Tipe A dari Pemerintah Daerah kepada Pemerintah Pusat. Dari 144 Terminal Penumpang Tipe A yang ada di Indonesia, sebanyak 128 Terminal yang diajukan untuk proses serah terima. Selanjutnya dari 128 terminal, sebanyak 106 Terminal sudah Berita Acara Serah Terima (BAST) dan 22 masih dalam proses.

Dari 106 Terminal yang sudah BAST terdapat 38 Terminal Penumpang Tipe A yang sudah menyelesaikan proses alih kelola P3D nya. Dari 38 terminal tersebut, sebanyak 9 (sembilan) terminal tipe A, sedang memasuki proses Dokumen Detail Engineering Design (DED) tahun 2019.

Baca juga:  Diduga Tersinggung, Warga Pundukdawa Berkelahi Gunakan Sajam

Sembilan terminal tersebut antara lain Terminal Harjamuki Kota Cirebon, Terminal Guntur Melati Kabupaten Garut, Terminal Tegal Kota Tegal, Terminal Induk Pemalang Kabupaten Pemalang, Terminal Pekalongan, Terminal Mangkang Kota Semarang, Terminal Demak, Terminal Purwokerto Kabupaten Banyumas, dan Terminal Kambang Putih Kabupaten Tuban.

Melalui revitalisasi terminal bus dengan Program Aksi Perbaikan Prasarana Angkutan Masal Berbasis Jalan bertujuan untuk memberikan wajah baru pelayanan Terminal Penumpang Bus Tipe A. (Nikson/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *