Suasana talkshow yang digelar untuk memotivasi generasi muda terjun ke industri digital kreatif. (BP/istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – XL Future Leaders (XLFL) merupakan bentuk dukungan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) agar anak-anak muda Indonesia bisa mengambil peran di era digital. Selain itu, XL juga memfasilitasi mereka untuk bisa memasuki dunia industri kreatif yang memanfaatkan kecanggihan teknologi digital melalui sejumlah talkshow bertema “Creative Business – Xplore Your Business with Creativity.”

Kegiatan ini salah satunya digelar Selasa (24/7) di Jakarta. Tampil sebagai pembicara antara lain Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, Pemimpin Redaksi Tirto.id, A. Sapto Anggoro, pendiri Warunk Upnormal, Stefanie Kurniadi, dan pendiri Elders Garage, Heret Frasthio.

Direktur Keuangan XL Axiata, Muhamed Adlan bin Ahmad Tajudin mengatakan bisnis kreatif yang diinisiasi anak muda terus berkembang secara dinamis dan memberi pengaruh besar terhadap kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Data yang dikeluarkan oleh Badan Ekonomi Kreatif, ada sekitar 8,2 juta jumlah usaha ekonomi kreatif, sekitar 20% di antaranya merupakan usaha rintisan atau startup yang berkembang pesat sejak era 2014. Antara lain digerakkan oleh anak muda milenial.

Baca juga:  Jokowi Lantik Hadi Tjahjanto dan AHY Jadi Menteri

Lahan ekonomi kreatif inilah yang saat ini dan ke depannya diperkirakan akan semakin berkembang dan berpotensi memberikan kontribusi yang signifikan pada pertumbuhan ekonomi nasional. Adlan menambahkan, sebagai perusahaan telekomunikasi dan teknologi, XL Axiata memiliki perhatian khusus pada tumbuh dan berkembangnya industri ekonomi kreatif, khususnya yang berbasis digital.

Selain sisi bisnis, melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) “XL Future Leaders” (XLFL), XL Axiata ikut menyiapkan anak-anak muda Indonesia untuk bisa mengisi kebutuhan sumber daya manusia unggul di era digital mendatang. Program ini memang didesain dengan menyesuaikan pada perkembangan gerak perkembangan zaman yang terjadi saat ini, di mana industri digital dan kreatif semakin terlihat akan menjadi penopang ekonomi dunia di masa mendatang.

Baca juga:  UMKM Punya Potensi Besar Terus Maju dan "Go International"

Pemerintah berharap banyak dari industri kreatif dan telah menargetkan produk domestik bruto (PDB) sektor ekonomi kreatif sebesar Rp 1.000 triliun untuk 2018 ini. Ada tiga subsektor utama yang menopang ekonomi kreatif ini, yaitu kuliner, fashion, dan kriya. Selain itu ada juga 16 subsektor lain yang sangat berpotensi untuk digarap di Indonesia, mencakup aplikasi dan pengembang permainan, arsitek, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, film dan animasi, fotografi, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, televisi dan radio. Tentu ini menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah untuk bisa menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten di bidang-bidang tersebut, agar potensi ekonomi yang besar tersebut dapat digarap secara maksimal. (Diah Dewi/balipost)

Baca juga:  XL Home Hadirkan Tayangan Lokal Anak, "Nussa"
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *