Suasana di BBTF 2018. (BP/dokumen Kementerian Pariwisata)

JAKARTA, BALIPOST.com – Bali and Beyond Travel Fair (BBTF 2018) menghasilkan transaksi USD 593,31 juta atau setara dengan Rp 7,71 triliun. “Capaian BBTF tahun ini sangat fantastis. Rapornya luar biasa. BBTF menjadi bentuk komitmen dari pemerintah untuk terus mendorong pariwisata sebagai leading sector perekonomian. Apalagi, Indonesia banyak memiliki sentral industri pariwisata baru,” kata Deputi Pemasaran I Kementerian Pariwisata I Gde Pitana di Jakarta, Rabu (4/7).

Menurut Pitana, BBTF 2018 melibatkan total 320 pembeli dari 40 negara dan total 241 seller berasal dari Timor Leste, Thailand, Kamboja, Uzbekistan, dan tentunya Indonesia sebagai tuan rumah. Seller berasal dari operator hotel bintang lima, serta agen perjalanan dan perwakilan kabupaten/kota.

Baca juga:  Rusak Lingkungan

Untuk koneksi internasional telah bergabung Vietnam dan Uni Emirat Arab. “BBTF juga menyumbang jumlah kunjungan wisatawan yang besar. Sebarannya cukup merata, termasuk porsi ideal dari domestik,” kata Pitana.

Wakil Ketua Bidang Seller dan Pemerintahan BBTF 2018, Dwi Nurdayati mengatakan, nilai transaksi tahun ini adalah potensial transaksi dengan kurs yang ditentukan dalam kontrak dengan seller selama setahun. “Transaksi tahun ini bagus. Untuk nilai kurs ditentukan menurut sistem kontrak dengan seller selama setahun. Ini untuk menyikapi pergerakan nilai tukar terhadap dollar Amerika,” kata Dwi Nurdayati.

Baca juga:  Festival Penglipuran Sedot Seribuan Wisatawan Per Hari

BBTF 2018 menghasilkan potensi jumlah wisatawan hingga 494.425 kunjungan. Sebanyak 38.480 potensi wisatawan telah dibukukan dari 57 buyer BBTF dan sisanya adalah wisman. Jumlah potensi kunjungan wisman terbesar berasal dari West/Eastern Europe sebanyak 133.750 dari 61 buyer. Porsi besar lainnya dimiliki negara ASEAN dengan potensi 69.690 kunjungan.

Progress positif dari BBTF 2018 mendapat pujian dari Menpar Arief Yahya. Menpar Arief berharap BBTF mendapat support karena dapat memberikan lebih banyak kesejahteraan bagi masyarakat. “Apa yang diraih oleh BBTF ini luar biasa. Support harus terus diberikan. Harapannya, agar program ini terus berkembang dan bisa memberikan banyak kesejahteraan bagi masyarakat,” kata Menpar Arief. (Nikson/balipost)

Baca juga:  Pascatragedi Kanjuruhan, PSSI Bali Harap Tak Berimbas ke Piala Dunia U-20
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *