Pengunjung memadati areal Java Baloon Festival di Wonosobo. (BP/AirNav)

WONOSOBO, BALIPOST.com – Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia menggelar festival balon udara tambat 2018 bertajuk Java Baloon Festival 2018 di Wonosobo, Jawa Tengah.

Direktur Utama AirNav Indonesia Novie Riyanto di Wonosobo, Selasa (19/6) mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan Java Baloon Festival 2018 adalah untuk meningkatkan keselamatan pelayanan navigasi penerbangan dan menjadikan tradisi masyarakat sebagai ajang festival bertaraf internasional. “Kami berharap Java Baloon Festival 2018 dapat menjadi festival tahunan, dan tentunya diharapkan mampu meningkatkan perekonomian dan pariwisata lokal,” paparnya di Wonosobo, Selasa (19/6).

Hadiri acara pembukaan Java Baloon Festival 2018 Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso, Direktur Navigasi Penerbangan Kementerian Perhubungan Elfi Amir, Kepala Otoritas Bandara Wilayah 3, Ketua Ombudsman Alvin Lie, perwakilan dari TNI AU Letkol Lek. Bambang Suyono, Wakil Bupati Wonosobo Agus Subagyo, Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras,
Dandim Wonosobo Letkol Fauzan Fadli, serta para Camat dan Lurah di Wonosobo.

Baca juga:  Garuda Buka Rute Jakarta-Nagoya

Novie menuturkan, keseluruhan rangkaian persiapan, perijinan, dan pelaksanaan kegiatan mendapat dukungan penuh dari Muspida setempat (Bupati, KaPolres, dan Dandim) serta Komunitas Balon Wonosobo. Sebelum menggelar festival, AirNav bersama dengan Kementerian Perhubungan, Pemkab dan TNI Polri telah melakukan kegiatan sosialisasi langsung ke masyarakat, 6-18 Juni 2018.

Java Baloon Festival 2018 berlokasi di Lapangan Geo Dipa Energi Unit Dieng, Ngampel – Wonorejo mencakup sejumlah kegiatan, seperti festival balon udara yang diikuti oleh 104 team peserta, lomba fotografi, dan pentas seni daerah. “Ketentuang balon yang standar adalah dengan ukuran lebar 4 meter, tinggi 7 meter dan dilepas dengan tali sepanjang 30 meter,” jelasnya.

Baca juga:  Lili Pintauli Diisukan Mundur, Ini Kata Jubir KPK

Kegiatan selanjutnya, yaitu bazaar makanan lokal Wonosobo yang terdiri dari 13 stand, pameran UMKM, serta hiburan masyarakat dengan Artis Ibukota Jodie Indonesia Idol, Ine Cynthia, serta sejumlah artis lokal Wonosobo

Di samping Kegiatan Festival Balon rangkaian Kegiatan lain adalah kegiatan Pembinaan Lingkungan atau CSR Perusahaan berupa distribusi 2.000 paket Sembako. Selain itu, AirNav menyumbang karpet sholat dan jam dinding ke beberapa Dusun di wilayah Kecamatan Kertek, Kalikajar, dan sekitarnya.

Baca juga:  Hampir Sepekan, Positif COVID-19 di Bali Masih Terus Bertambah

Selain di Kabupaten Wonosobo, sambung Novie, kegiatan Java Baloon Festival 2018 juga akan diselenggarakan AirNav Indonesia di Kota Pekalongan, 21 – 22 Juni 2018. Dia menambahkan, penyelenggaraan festival balon udara tambat merupakan upaya menjaga keselamatan penerbangan yang mengikuti Peraturan Menteri Perhubungan No. 40 Tahun 2018 tentang Penggunaan Balon Udara pasa Kegiatan Budaya Masyarakat. (Nikson/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *