Para pemudik mengantre sebelum keberangkatan. (BP/Kementerian Perhubungan)

JAKARTA, BALIPOST.com – Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo melepas empat kapal perintis yakni KN Sabuk Nusantara 84, 85, 95 dan 97 serta dua kapal ternak, KM Camara Nusantara 1 dan 3 yang mengangkut peserta mudik gratis dengan kapal dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta tujuan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Minggu (10/6).

Dirjen mengatakan, sebanyak 1.685 orang pemudik diberangkat dengan 4 kapal perintis dan 776 motor diangkut dengan 2 kapal ternak dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Pemberangkatan inj merupakan yang kedua kalinya bagi peserta mudik gratis dengan kapal. Sehari sebelumnya, telah diberangkatkan kloter pertama sebanyak 1.228 orang pemudik dan 571 unit sepeda motor dengan tujuan yang sama yaitu Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. “Untuk program mudik gratis dengan kapal ini, Kemenhub menganggarkan Rp 20 miliar,” kata Dirjen.

Baca juga:  Terus Membaik, Nilai Keselamatan Penerbangan Indonesia

Menurut Agus Purnomo, program Mudik Gratis Sepeda Motor Dengan Kapal Laut yang disediakan oleh Kementerian Perhubungan akan melayani trayek Tanjung Priok – Tanjung Emas Semarang PP dengan total kuota kapasitas sebesar 15.200 sepeda motor dan 30.400 penumpang. Adapun jadwal keberangkatan arus mudik dari Jakarta ke Semarang adalah pada tanggal 9 sampai dengan tanggal 13 Juni 2018 dan arus balik dari Semarang ke Jakarta dilaksanakan pada tanggal 18 sampai dengan tanggal 22 Juni 2018.

“Alhamdulillah animo masyarakat untuk mengikuti mudik gratis dengan kapal laut tahun ini naik signifikan, bahkan untuk kuota tanggal tertentu sudah terisi penuh. Hal ini menunjukan semakin membaiknya pemahaman masyarakat yang ingin mudik dengan aman, selamat, tertib dan nyaman dengan menggunakan kapal laut dibanding melakukan perjalanan mudik menggunakan sepeda motor di jalan raya,” ujar Dirjen Hubla.

Baca juga:  Gempa Magnitudo 6,5 Guncang Tuban, Getaran hingga Skala IV Dirasakan di Jawa

Untuk itu, Dirjen mengimbau kepada para pemudik untuk mempersiapkan diri dengan baik serta menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan prima, tidak membawa barang berlebihan, mematuhi semua aturan dan petunjuk keselamatan pelayaran, serta menjaga dan tidak merusak fasilitas di atas kapal.

Pada kesempatan ini Dirjen Agus selaku pimpinan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan sangat mengapresiasi masyarakat yang telah mengikuti imbauan Pemerintah untuk memanfaatkan program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut tahun 2018. “Semoga para peserta mudik dapat menikmati perjalanan ke kampung halaman dengan selamat, tertib, aman dan nyaman,” tutup Dirjen Agus.

Baca juga:  Simulasi Elektabilitas Capres 2024, Tiga Tokoh Ini Unggul

Seperti diketahui, pada tahun 2018 ini, guna melayani angkutan mudik gratis sepeda motor dengan kapal, Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah menyiapkan 16 unit kapal perintis. Adapun 16 unit kapal terdiri dari 10 (sepuluh) unit kapal perintis, 5 (lima) unit kapal ternak dan 1 (satu) unit kapal Roro. Adapun khusus untuk pemberangkatan hari kedua ini, sebanyak 4 (empat) unit kapal perintis dan 2 (dua) unit kapal ternak telah diberangkatkan menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. (Nikson/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *