Sido Muncul gelar operasi bibir sumbing gratis di Kupang. (BP/ist)

KUPANG, BALIPOST.com – Aksi sosial kembali dilakukan Sido Muncul lewat operasi gratisnya. Setelah sukses menggelar operasi katarak, kali ini digelar operasi bibir sumbing.

Lokasi yang disasar adalah Provinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Kupang. Kegiatan sosial yang merupakan bagian dari corporate social responsibility PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. ini digelar Kamis (19/4).

Menurut Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat kegiatan ini merupakan upaya untuk meminimalkan jumlah penderita bibir sumbing di Indonesia. Jumlah penderita masih tergolong tinggi dan menjadi permasalahan serius yang harus segera ditangani. Bahkan pertahunnya, jumlah penderita Bibir Sumbing di Indonesia mencapai 7.500 orang.

Baca juga:  Ratusan Moge Menyeberang ke Bali

Sedangkan Nusa Tenggara Timur merupakan provinsi dengan jumlah penderita bibir Sumbing tertinggi di Indonesia, yaitu 8,6 persen atau 6-9 per 1.000 penduduk. Angka ini terus meningkat setiap tahunnya, sehingga membutuhkan perhatian lebih dari berbagai kalangan.

”Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, Sido Muncul telah mengadakan berbagai kegiatan CSR, seperti Operasi Katarak Gratis, Pemeriksaan Mata dan Pemberian Kacamata Gratis untuk Anak-anak SD, Mudik Lebaran Gratis, Bantuan Bencana Alam, Bantuan Biaya Hidup (Living Cost Program), dll. Namun, untuk Operasi Bibir Sumbing Gratis ini merupakan kali pertamanya bagi Sido Muncul. Bantuan ini akan kami fokuskan bagi penderita yang berasal dari keluarga kurang mampu. Kami juga berharap, semoga operasi berjalan lancar, pasien-pasien dapat kembali tersenyum, sertapercaya diri untuk bersosialisasi,” ujarnya.

Baca juga:  Pertamina Integrated Terminal Manggis Serahkan CSR ke Petani Garam Kusamba

Kegiatan ini menggandeng Rumah Sakit ST. Carolus Borromeus Kupang dan Yayasan Sinar Pelangi. Sebanyak 30 pasien menjalani operasi di RS ST. Carolus Borromeus, Kota Kupang dan ditangani oleh tim bedah plastik dari Yayasan Sinar Pelangi.

Acara Operasi Bibir Sumbing dimulai dengan seremonial yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kupang dr. Ari Wijana, Anggota DPRD Provinsi NTT Anton Belle, Ketua Persatuan Dharma Karya Kesehatan Indonesia (Perdhaki) Wilayah Keuskupan Agung Kupang Romo Ambrosius Ladjar, Ketua Yayasan Elisabeth Gruyters Sr. Tavi, CB, Direktur RS St. Carolus Borromeus Kupang dr. Herly Soedarmadji, dan PR Manager Sido Muncul Sri Wahyuni.

Baca juga:  Makin Turun, Kasus COVID-19 Nasional Bertambah di Bawah 5.000

Dilanjutkan penyerahan bantuan Operasi Bibir Sumbing senilai Rp 111.750.000 yang secara simbolis diserahkan oleh Manager PR Sido Muncul kepada Direktur RS ST. Carolus Borromeus Kupang. Dilakukan pula penyerahan produk secara simbolis kepada perwakilan pasien, serta diakhiri dengan peninjauan ke ruang operasi. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *