Anggota Kodim Badung menjalani tes urine yang digelar bekerjasama dengan BNNK Badung. (BP/ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Antisipasi penyalahgunaan narkoba di lingkungan prajurit TNI terus dilakukan sampai tingkat Kodim. Salah satu bentuk pengawasan di Kodim 1611/Badung rutin melaksanakan tes urine terhadap anggotanya, Senin (12/3).

Bahkan Kodim Badung berikrar perang terhadap narkoba. “Ke depan kegiatan tes urine akan dilakukan kepada seluruh personel. Ini sebagai bagian dari ikrar kita menyatakan perang terhadap narkoba termasuk memastikan seluruh personel bersih dan tidak bermain-main dengan narkoba,” tegas Dandim 1611/Badung Letkol Inf. Handoko Yudho Wibowo.

Baca juga:  Peran Strategis Perangi Narkoba

Tes urine tersebut berbarengan dengan dilaksanakan sosialisasi program pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) triwulan I tahun anggaran 2018. Sosialisasi P4GN tersebut dikoordinir Staf Intelijen Kodim 1611/Badung melibatkan sebanyak 105 personel.

Sedangkan pelaksanaan tes urine dilakukan terhadap perwakilan dari peserta yang hadir.
“Kami menggandeng anggota BNNK Badung untuk memberikan pembekalan tentang P4GN dalam kegiatan ini. Sekaligus melakukan tes urine terhadap sejumlah personel. Hasilnya negatif,” ujar Dandim.

Baca juga:  Revitalisasi Pasar Anyar Sari Capai 30 Persen

Tujuannya untuk memberikan pengetahuan dan wawasan tentang narkoba, termasuk bahayanya dan konsekuenai hukum yang dihadapi bila terjadi penyalahgunaan terhadap barang haram tersebut. Sedangkan tes urine dilaksanakan untuk memastikan bahwa setiap personel Kodim 1611/Badung bersih dari narkoba, sekaligus menjadi contoh bagi masyarakat di sekitarnya agar menjauhi barang haram tersebut. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.