MANGUPURA, BALIPOST.com – Maskapai nasional Garuda Indonesia meresmikan penerbangan langsung Denpasar-Xian pada Selasa (30/1). Penerbangan perdana ini merupakan bagian dari pengembangan jaringan yang dilaksanakan perusahaan dalam memperluas jaringan penerbangan pada sektor regional Tiongkok.

Selain rute penerbangan Denpasar-Xian, Garuda juga meresmikan rute Denpasar-Zhengzhou, Rabu (31/1). Peresmian rute penerbangan Denpasar -Xian dan Denpasar – Zhengzhou PP tersebut diresmikan secara simbolis oleh Direktur Kargo Garuda Indonesia, Sigit Muhartono yang juga membawahi pengembangan rute internasional Garuda Indonesia.

Pada kesempatan tersebut turut hadir pemangku kepentingan lain dari layanan kebandarudaraan Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali. Sigit mengungkapkan peresmian rute penerbangan Denpasar  Xian dan Zhengzhou PP merupakan pengembangan dari strategi Garuda Indonesia untuk terus memperluas pasarnya di Tiongkok.

“Pasar Tiongkok memegang peranan penting dalam market internasional Garuda Indonesia, dengan tingkat kunjungan wisatawan internasional Tiongkok yang mencapai 120 juta per tahunnya di seluruh dunia, kami sangat optimis dapat memaksimalkan potensi pasar tersebut, khususnya melalui pembukaan rute Xian dan Zhengzhou ini,” ujarnya.

Baca juga:  Badung Bentuk Satgas PMK

Pembukaan dua rute internasional pada awal tahun ini sekaligus menggambarkan optimisme perusahaan dalam meningkatkan pertumbuhan market sharenya. Saat ini market share Garuda Indonesia pada rute Indonesia – Tiongkok berada pada kisaran 35 persen.

Lebih lanjut Sigit mengungkapkan, Tiongkok saat ini merupakan pasar utama pariwisata Indonesia. Pemerintah sendiri telah menargetkan tingkat kunjungan wisatawan Tiongkok ke Indonesia dapat menyentuh angka 20 juta wisatawan pada 2019. “Komitmen tersebut tentunya menjadi potensi market yang akan terus kami kembangkan,” imbuhnya.

Penerbangan Denpasar -Xian akan dilayani dua kali dalam setiap minggunya, yaitu pada hari Senin dan Jumat. Jadwal keberangkatan dari Denpasar akan dilayani pada pukul 16.55 WITA, dan akan tiba di Xian pada pukul 00.25 LT (local time).

Baca juga:  Diluncurkan, Buku Panduan Wisata ke Bali untuk Wisatawan Tiongkok

Sementara penerbangan Xian-Denpasar juga akan dilayani dua kali dalam setiap minggunya, yaitu pada hari Selasa dan Sabtu. Jadwal keberangkatan dari Xian akan dilayani pada pukul 01.55 LT dan akan tiba di Denpasar pada pukul 08.25 Wita.

Penerbangan Denpasar  Zhengzhou akan dilayani tiga kali dalam seminggu. Yaitu pada hari Selasa, Kamis, dan Minggu. Jadwal keberangkatan dari Denpasar akan dilayani pada pukul 11.35 WITA, dan akan tiba di Zhengzhou pada pukul 18.15 LT (local time). Sementara penerbangan Zhengzhou  Denpasar juga akan dilayani 3 (tiga) kali dalam setiap minggunya, yaitu pada hari Senin, Rabu, dan Jumat. Jadwal keberangkatan dari Zhengzhou akan dilayani pada pukul 00.25 LT dan akan tiba di Denpasar pada pukul 07.30 Wita.

Baca juga:  Antisipasi Dampak Tensi Geopolitik, Optimalisasi Penerbangan

Kedua rute baru tersebut akan dilayani dengan menggunakan pesawat Airbus A330-300 all economy yang berkapasitas 360 penumpang ekonomi. Melalui rute Denpasar  Xian dan Zhengzhou PP pihaknya berharapdapat mengakomodir permintaan pasar domestik yang ingin bepergian dari Denpasar menuju Xian dan Zhengzhou.

Selain itu, dengan semakin meningkatnya jumlah wisatawan Tiongkok ke Denpasar, dengan adanya rute baru ini diharapkan akan semakin mempermudah wisatawan Tiongkok untuk menuju Denpasar.

Hingga saat ini, Garuda Indonesa telah melayani sejumlah penerbangan langsung ke Tiongkok. Diantaranya adalah Jakarta-Guangzhou PP, Jakarta-Beijing PP, Jakarta-Shanghai PP, Denpasar-Beijing PP, Denpasar-Guangzhou PP, Denpasar-Shanghai PP, dan Denpasar-Chengdu PP. (Citta Maya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *