Presiden Joko Widodo saat Penyerahan Sertifikat Kompetensi Peserta Pemagangan Tahun 2017 di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja, di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (27/12). (BP/ist)
BEKASI, BALIPOST.com – Pemerintah sedang menyiapkan alih pembangunan dari fokus pembangunan infrastruktur kepada pembangunan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang unggul. “Kunci kita ada di pembangunan manusia. Kalau SDM kita bisa kita upgrade, inilah modal kuat kita untuk bisa bersaing dengan negara-negara lain,” kata Presiden Joko Widodo pada sambutan acara Penyerahan Sertifikat Kompetensi Peserta Pemagangan Tahun 2017 di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja, di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (27/12).

Bila diperhatikan, sebenarnya perhatian pemerintah pada pengembangan SDM dalam periode selanjutnya bukanlah tanpa sebab. Sebab, tidak lama lagi, Indonesia akan memperoleh bonus demografi di mana usia angkatan kerja produktifnya jauh lebih besar dibanding usia nonproduktif.

Baca juga:  Ironis, Kualitas SDM Bali Tak Berkorelasi dengan Pertumbuhan Ekonominya

Perbandingan antara kedua kelompok usia itu diperkirakan akan berada pada angka 60 berbanding 40 persen. “Ini bisa menjadi kekuatan besar, tapi bisa juga menjadi masalah kalau tak diperhatikan. Enam puluh persen usia produktif adalah kekuatan. Ini untuk memenangkan kompetisi dengan negara-negara lain. Kalau kita bisa memanfaatkannya kita bisa jadi bangsa pemenang,” imbuh Jokowi.

Dalam rangka itu, uji kompetensi dan sertifikasi oleh pemerintah dilakukan untuk mengantisipasi bonus demografi tersebut. Sertifikat kemampuan yang dimiliki oleh peserta magang pada akhirnya dapat menunjukkan kualitas kemampuan mereka di dunia kerja.

Baca juga:  Karena Ini, Perkembangan "Dewi" Jadi Terhambat

Tahun ini, dari 56.119 peserta program magang, sebanyak 6.201 orang mengikuti uji kompetensi. Dari jumlah tersebut, sebanyak 5.635 peserta telah tersertifikasi.

Kepala Negara mengaku sudah menginstruksikan menteri terkait untuk memperluas cakupan program pemagangan nasional pada tahun berikutnya. “Saya kira ini sangat penting sekali. Ke depan saya tadi sudah memerintahkan kepada Menaker kalau tahun ini hanya 56 ribu, nanti tahun 2019 paling tidak minimal 1,4 juta harus dikerjakan. Infrastruktur mulai berkurang kita masuk ke pembangunan SDM secara besar-besaran,” tegas Jokowi. (Hardianto/balipost)

Baca juga:  Viral di Medsos, Warga Antre Ajukan Perceraian
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *