Menteri Pariwisata, Arief Yahya, saat mewisuda lulusan STP Bali. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bali menjadi kampiun di Lomba Ide Bisnis bidang Pariwisata 2017. Kesuksesan itu didapat setelah sukses menggunguli 72 peserta. Dengan mengusung tema Agrorange Kintamani, STP Bali berhasil mengungguli STP NHI Bandung (Casa De Bottela’s ) dan Polterkpar Makassar (HI Housekeeping).

“Peserta lomba berjumlah 72. Setelah itu diputuskan ada 10 finalis oleh tim juri, yaitu tiga grup dari STP Bali, dua grup dari STP NHI Bandung, dua grup dari Akpar Medan, satu grup dari Poltekpar Makassar, satu grup dari Poltekpar Palembang dan satu orang dari Poltekpar Lombok,” ujar Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Pariwisata Ahman Sya yang diamini Ketua STP Bali Byomantara, Senin (13/11).

Baca juga:  Dua Karaoke Buka Saat PPKM Level 4, Ini Reaksi Gubernur Koster

Lomba yang diinisiasi bersama 6 Perguruan Tinggi Pariwisata (PTP) dengan Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) Institute Teknologi Bandung (ITB), mengusung tema besar “tourism village, services bussiness and creative products that support local tourism”. Dan semuanya, menghadirkan karya-karya yang sangat menarik. “Mahasiswa dan dosen tak hanya cukup memiliki ilmu pengetahuan saja. Harus diimbangi dengan keterampilan wirausaha,” ujarnya.

Outputnya mengarah penguatan kerja sama antara PTP Kemenpar dan SBM ITB. Juga untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM) dalam bidang kewirausahaan pariwisata.

“Serta sebagai pembekalan pengetahuan tentang model kerja sama daerah wisata, kurikulum kewirausahaan, model pembiayaan usaha pariwisata, pengembangan kapasitas dosen dalam bidang kewirausahaan, sharing pengetahuan tentang praktik kewirausahaan dalam bidang kepariwisataan,” papar Ahman Sya.

Baca juga:  Bali Turunkan 14 Petenis Meja ke Kejurnas Manado

Sementara itu, Byomantara mengatakan, Kegiatan lomba ini adalah bagian dari serangkaian kerjasama 6 PTP di bawah Kemenpar yaitu STP NHI Bandung, STP Bali, Akpar Medan, Politeknik Pariwisata Makassar, Palembang dan Lombok bersama SBM ITB selama 3 tahun (2017-2019).

“Babak final dilaksanakan Kamis (9/11) di Golden Palace Hotel Mataram. Setelah itu diumumkan tiga juara. Para juara mendapatkan uang pembinaan jutaan rupiah,” ujarnya.

Byomantara juga menyebut, kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan dalam proses belajar-mengajar. Serta menjalin kerja sama antara pihak akademisi dalam bidang pembekalan pengetahuan kewirausahaan bidang pariwisata.

Baca juga:  Tuntut Pembebasan JRX, Ratusan Orang "Longmarch" dan Gelar Aksi

”STP Nusa Dua Bali sangat bangga karena terpilih sebagai pemenang. Lomba ini juga merupakan implementasi kerja sama antara enam PTP di bawah Kemenpar dan SBM ITB,” terangnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi gelaran lomba yang merupakan bentuk sinergi dari SBM ITB dan 6 PTP. Menurutnya, Di zaman global ini, budaya wirausaha bagi mahasiswa dan dosen PTP mesti lebih ditingkatkan.

“Selamat kepada seluruh pemenang lomba. Semoga kegiatan lomba ide bisnis ini dapat meningkatkan kamampuan mahasiswa pariwisata Indonesia dalam berwirausaha ke depannya. Jayalah pariwisata di Indonesia. Wonderful Indonesia Tourism Entrepreuneship (WITE),” pungkas Arief Yahya Menteri Pariwisata RI. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *